TIPS PENYEBAB PORT USB TIDAK KEDETECTED




Tips Penyebab Port USB tidak kedetected Pernakah suatu saat kamu colokin flashdisk , mouse , keyboard tapi gak kebaca atau gak ada respon ? sedang masalah bukan pada flashdisk atau mouse.
okelah sebelum melangkah lebih jauh coba perhatikan pinout USB berikut :

Dari gambar tersebut dapat dismpulkan bahwa :
USB – atau Ground
USB + tegangan sebesar 5V
Data + (TX)
Data – (RX)


alt

Disini saya akan mencoba meperkirakan bagian mana yang rusak dari USB Port, dengan harapan saat sudah mengetahui bagian mana yang kira-kira rusak dari USB Port tersebut bisa dilakukan servis / perbaikan sendiri dengan resiko ditanggung sendiri. hehe

baiklah, langsung saja ke pokok masalah jika USB port (colokan USB) kalian tidak berfungsi pastikan dahulu yang rusak bener2 USB port-nya, maksudnya bukan medianya yang ditancepin yang rusak. setelah bener – bener yakin kalau USB port yang rusak, hal – hal yang perlu kamu lakuin sebelum membongkar LAPTOP atau PC adalah sebagai berikut :

  • Pastikan kaki – kaki di USB port masih baik dan tidak rusak atau kendor.
  • coba tancapkan mouse USB ke USB port, dan lihat apakan lampu led di mouse menyala atau tidak.
  • jika menyala kerusakan bukan pada ground atau tegangan USB, tapi pada Data – dan Data + pada jalur USB.
  • jika led mouse tidak menyala bisa dipastikan jalur Ground atau tegangan USB yang bermasalah.
  • setelah mengetahui kerusakan yang mana yang terjadi pada USB port tersebut kita perlu, coba tancapkan mouse atau flashdisk ke USB port yang lain pada laptop atau komputer itu.
  • jika pada USB port yang lain ternyata berfungsi baik maka kerusakan terjadi hanya pada port yang pertama ,
  • namun sebaliknya jika semua USB port tidak berfungsi maka kita perlu penangan yang lebih.

Dapat disimpulkan begini :

  1. jika kerusakan bagian ground , bisa jadi sambungan solder pada jalur USB port retak. solder ulang atau jumper gound USB port dari ground di laptop.
  2. jika kerusakan pada jalur tegangan USB port (5V missing) coba ukur di kapasitor dekat USB port apa ada tegangan 5V atau tidak. jika tidak ditemukan kamu bisa mencari bagian IC yang benyupali V_USB biasanya bentunya kecil kaki8 dan mengganti yang baru atau kamu langsung jumper dari 5V USB port yang lain / dari tegangan 5V di kipas (Fan).
  3. jika kerusakan terjadi pada jalur DATA – atau DATA + , dan kerukan terjadi pada satu USB port buka semua USB port pada Laptop. maka kamu dapat menjumper jalu Data keduanya dari jalur Data USB port yang lain. NAMUN jika jalur DATA yang Rusak dan terjadi pada semua USB port pada Laptop maka kerusakan bisa disebabkan oleh Chipsetnya.

Coba perhatikan gambar berikut :

ALT

dari gambar di atas menunjukkan bahwa yang bertanggung jawab pada jalur DATA USB Port adalah sebuah Chipset. sekian dulu artikel tentang Penyebab USB NOT DETECTED , Semoga bermafaat untuk semua nya




Posted in Tips multiteknik.net and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *