TIPS MENGENAL WHATHSAPP BISNIS DAN KEUNTUNGAN NYA.




Tips mengenal Whathsapp bisnis dan keuntungan nya. Setelah sukses diluncurkan sejak tahun 2009, WhatsApp menjadi salah satu layanan perpesanan paling banyak digunakan masyarakat di dunia. Baik untuk berkomunikasi hingga untuk keperluan bisnis. Melihat besarnya potensi dalam dunia bisnis tersebut, pada akhirnya WhatsApp pun merilis platform aplikasi baru yakni WhatsApp bisnis yang lebih khusus digunakan para pebisnis. Bagaimana keuntungannya bagi bisnis online? Berikut ulasannya.

Sekilas tentang WhatsApp Bisnis
Sebagaimana dikemukakan WhatsApp dalam laman resmi perusahaannya, WhatsApp bisnis dirancang sebagai sebuah aplikasi yang bisa diunduh gratis. Sasarannya adalah digunakan untuk para pemilik binsis kecil. Masih dari laman resmi perusahaannya, WhatsApp menciptakan aplikasi ini untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Terutama dengan menggunakan fitur-fitur untuk otomatisasi, menyortir pesan dan menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat.

Aplikasi WhatsApp bisnis dapat dioperasikan di smartphone yang menggunakan sistem operasi android maupun iPhone. Sejak diperkenalkan dalam format betanya bulan September 2017 lalu, aplikasi ini pun mulai dilirik banyak pebisnis. Bahkan Indonesia seperti dilansir dari Kompas.com, menyebutkan sebagai negara pertama di Asia yang bisa menggunakan platform WhatsApp bisnis. Begitu pula dengan empat negara lain di awal peluncurannya seperti Italia, Meksiko, dan Amerika Serikat.


Perbedaannya dengan WhatsApp Messenger
Meski sama-sama sebagai layanan perpesanan, WhatsApp bisnis dan WhatsApp messenger memiliki perbedaan. Perbedaan ini baik dari segi fitur yang ditawarkan maupun tampilannya. Berikut beberapa di antaranya:

Perbedaan logo dan fitur
Perbedaannya dengan WhatsApp biasa terletak pada logonya yang menggunakan huruf “B” kapital berlatar warna hijau yang khas. Beda dengan WhatsApp messenger yang berlogo telepon. WhatsApp bisnis juga memiliki beberapa fitur. Seperti melihat statistik pesan terkirim maupun yang diterima dan hal ini tidak ada pada WhatsApp messenger.

Bisa menambahkan nomor telepon lain
Keunggulan dan perbedaan berikutnya adalah dengan WhatsApp bisnis kamu bisa menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor sekaligus. Selain itu, kamu bisa menggunakan keduanya dalam satu gadget. Namun, sebaiknya gunakanlah nomor yang berbeda di masing-masing aplikasi tersebut.

Membalas pesan otomatis
WhatsApp bisnis juga memiliki fitur lainnya yang cukup canggih, yakni dapat membalas pesan secara otomatis. Caranya, kamu bisa menyetel balasan otomatis dalam fitur yang ada ketika mendapatkan pertanyaan yang sama dari para pelanggan. Kamu juga bisa menikmati fitur mengirim pesan otomatis untuk pelanggan baru semisalnya. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk mengontrol dan melihat perkembangan pelanggan.

Adanya tanda centang hijau
WhatsApp bisnis dalam penggunaannya tidak memerlukan proses verifikasi layaknya WhatsApp messenger. Begitu juga dengan tanda centangnya,jika umumnya pada Twitter dan Instagram akun terverifikasi memiliki centang berwarna biru maka untuk WhatsApp bisnis tanda centang verifikasi berwarna hijau. Jika kamu melihat tanda ini, berarti nomor tersebut resmi milik perusahaan atau bisnis.

Keuntungan menggunakannya bagi pebisnis online
Keberadaan WhatsApp bisnis baik langsung maupun tidak langsung memberikan dampak yang positif bagi para pelaku bisnis online. Di antaranya adalah memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara langsung terkait produk yang ditawarkan. Selain untuk berkomunikasi, kamu juga bisa memanfaatkan WhatsApp bisnis untuk keperluan marketing dan promosi.

Adanya fitur mengirim pesan secara otomatis memang memungkinkan untuk melakukan berbagai macam promosi di platform ini dengan mudah disamping kamu juga menggunakan media sosial lainnya.

Dengan demikian, kamu juga bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Ingat, konsumen dalam dunia bisnis tidak hanya sekadar menginginkan produk terbaik yang mereka beli saja. Lebih dari itu, mereka juga ingin mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, dan menjawab semua pertanyaan yang ada. Dengan beragam fitur yang ditawarkan seolah menjawab kebutuhan bagi para pebisnis online tersebut dan menjadi sebuah solusi terbaik.




Posted in Tips multiteknik.net and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *