TIPS MENGENAL JENIS JAMBU KRISTAL

TIPS MENGENAL JENIS JAMBU KRISTAL.Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang digemari. Rasanya yang nikmat memang ramah di lidah. Selain itu, di Negara tropis macam Indonesia, buah jambu biji bisa didapatkan dengan mudah. Jambu biji ini berbuah sepanjang tahun, karenanya tak heran jika keberadaannya melimpah. Hal ini tentu menguntungkan bagi konsumen sebab harga jambu biji kemudian menjadi murah. Secara umum tampilan jambu biji seolah sama. Padahal, kalau kita jeli, sebenarnya ada banyak jenis jambu biji ini. Ada yang dibedakan berdasarkan warna dagingnya, ada pula yang dibedakan berdasarkan pada bentuk luar buah itu sendiri. Salah satu jenis jambu biji yang sedang digemari saat ini adalah jambu kristal. Jangan membayangkan jambu ini memiliki tampilan serupa kristal. Ia secara prinsipil sama saja dengan jenis jambu lainnya. Akan tetapi beberapa kesitimewaan membuat kata “kristal” melekat di namanya.

Berasal Dari Taiwan
Jika jambu Bangkok berasal dari Thailand, maka jambu kristal ini pertama kali dikembangkan di Taiwan. Maka itu jangan heran jika orang-orang juga menyebutnya jambu biji Taiwan. Jambu ini merupakan hasil mutasi dari residu Muangthai Park. Kabarnya ia ditemukan di tahun 1991 tepatnya di sebuah wilayah bernama District Kao Shiung, Taiwan. Sepintas, daging buah pada jambu kristal ini tampak tak memiliki biji sama sekali. Hal ini salah, sebab jika diamati jambu ini juga memiliki biji dalam jumlah yang sangat sedikit dan biji tersebut juga lunak sehingga cenderung tidak terlihat. Jambu kristal ini kini populer di Indonesia karena rasanya yang nikmat.

Mulai Dilirik Para Petani
Jambu kristal kini banyak dilirik para petani sebab ia memang cukup digemari para konsumen. Jika ditelaah, harga jambu kristal ini terbilang mahal untuk ukuran jenis jambu lainnya. Namun, oleh karena rasanya yang manis dan renyah sampai ke daging buahnya, ia tetap diminati dan diburu. Dahulu cukup susah mendapatkan jenis jambu nikmat yang satu ini sebab ia memang diimpor langsung dari Taiwan. Namun dewasa ini para peneliti khususnya di Bogor telah berhasil mengembangkan sentra budidaya jambu kristal. Mereka juga mengembangkan bibit jambu ini dan dijual bebas kepada para petani yang berminat memulai bisnis budidaya jambu kristal ini.

Secara fisik, jambu kristal ini agak unik sebab bentuknya tidak membulat sama seperti jenis jambu lainnya. Ia malah cenderung gepeng. Kulit luarnya berwarna hijau, ada yang mulus ada pula yang memiliki tonjolan kecil. Kulit tersebut dilapisi dengan lilin yang agak tebal. Hal ini menjadikan ia mudah dibudidayakan sebab lilin yang tebal tersebut menjadikan si jambu kristal kebal terhadap gangguan hama utamanya ulat penggerek buah. Bicara soal bobot, jambu nikmat yang memiliki banyak kandungan air ini bisa mencapai angka 900gram per buahnya. Wow fantastis! Tertarik untuk mencobanya? cukup sekian semoga bermanfaat.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply