TIPS MANFAAT JANTUNG PISANG UNTUK KESEHATAN

Tips manfaat jantung pisang untuk keshatan. Anda mungkin sudah tidak asing dengan jantung pisang. Namun, sepertinya belum banyak yang tahu bahwa ada banyak manfaat jantung pisang yang bisa didapatkan jika mengonsumsinya.

Tidak hanya buahnya, setiap bagian dari pohon pisang dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan, mulai dari kulit pisang hingga jantung pisang. Sayangnya, jantung pisang sering kali dibuang karena dianggap tak berguna. Padahal, banyak manfaat jantung pisang bisa didapatkan melalui berbagai olahannya yang lezat.

Jantung pisang merupakan cikal bakal buah pisang. Bagian dari pohon pisang ini terdiri dari kulit luar yang berwarna merah tua, daging berwarna putih kekuningan yang ada di dalamnya, dan bunga pisang yang berada di bagian atasnya.

Ragam Manfaat Jantung Pisang
Dalam 1 jantung pisang terdapat berbagai nutrisi penting, seperti kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, asam amino esensial dan nonesensial yang diperlukan oleh tubuh.

Selain itu, jantung pisang juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianin, terutama di bagian bunganya. Berikut ini adalah beragam manfaat jantung pisang yang bisa didapatkan dari nutrisi dan antioksidan di dalamnya:

1. Membantu mengontrol kadar gula darah
Jantung pisang adalah salah satu jenis makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis ketika dimakan.

Selain itu, jantung pisang juga sangat kaya akan serat sehingga dapat memperlambat penyerapan gula di usus. Kandungan serat ini juga diduga dapat meningkatkan kerja hormon insulin, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan pasien diabetes tipe 2 yang mengalami kelebihan berat badan.

2. Melancarkan pencernaan
Serat pada jantung pisang didominasi oleh serat tidak larut air. Jenis serat ini diketahui sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat ini juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, maag, wasir, dan radang usus.

3. Mencegah penyakit kanker
Antioksidan dalam jantung pisang berperan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Paparan radikal bebas yang berlebihan dalam jangka panjang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis, termasuk kanker.

Jantung pisang juga diketahui memiliki efek antiperadangan dan antitumor sehingga dapat menurunkan risiko tumor tumbuh dan menyebar. Manfaat jantung pisang ini pernah dibuktikan pada penelitian tentang tumor prostat jinak (BPH), tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

4. Mencegah penuaan dini
Tingginya kandungan vitamin E pada jantung pisang juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E terbukti mampu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh yang sehat akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel, serta mengurangi kerutan di wajah.

Selain mencegah penuaan dini, vitamin E juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri.

5. Mengatasi masalah menstruasi
Perempuan yang sering mengalami masalah menstuasi juga bisa mendapatkan manfaat dari jantung pisang. Rutin mengonsumsi jantung pisang diketahui bisa menurunkan kadar prostaglandin yang bisa mengurangi nyeri dan pendarahan berlebih saat menstruasi atau menorrhagia.

Tidak hanya itu, jantung pisang juga diduga bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal, memelihara kesehatan mata, dan mencegah penyakit jantung. Meski begitu, beberapa manfaat jantung pisang tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Setelah membaca artikel ini, Anda jadi tahu bahwa ada banyak manfaat jantung pisang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai menjadikan jantung pisang sebagai bagian dari hidangan lezat di meja makan Anda.

Namun, ingat pula, di samping jantung pisang, masih ada banyak makanan lain yang bisa membawa manfaat untuk kesehatan. Jadi, penting juga bagi Anda untuk melibatkan berbagai variasi makanan bergizi ke dalam menu harian.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply