TIPS JENIS-JENIS KERUSAKAN YANG UMUM DIALAMI TV LED




Tips Jenis-jenis kerusakan yang umum dialami tv led Sebagai seorang pembeli, Anda tentu menginginkan TV LED terbaik yang mampu memberi kualitas gambar terbaik, awet dan hemat energi. Namun layaknya barang elektronik pada umumnya, TV LED juga tak lepas dari masalah dan kerusakan. Beberapa diantaranya terbilang sepele dan mudah diatasi. Beberapa yang lain masuk dalam kategori serius dan butuh penangan khusus. Dari beberapa kerusakan tersebut, ada beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis kerusakan umum TV LED.

1. Ada Suara Tapi Tidak Ada Gambar
Kerusakan yang satu ini umumnya terjadi akibat adanya masalah pada bagian pencahayaan, seperti adanya komponen elektronik yang terputus atau ada komponen yang memang harus diganti. Seperti yang diketahui, TV LED mengandalkan lampu LED untuk menerangi gambar. Jadi jika ada suara namun tidak ada gambar, besar kemungkinan komponen lampu LED inilah yang bermasalah.

2. Ada Gambar Namun Tidak Ada Suara
Jika menemukan masalah seperti ini, jangan keburu menyorot bagian amplifier TV. Meski kemungkinan tersebut terbuka lebar, sebenarnya kerusakan pada amplifier ini sangat jarang terjadi. Dalam banyak kasus, masalah seperti ini justru lebih sering disebabkan karena adanya eror memori.


3. Remot TV Tidak Berfungsi
Terkadang memang ada kasus di mana remot TV tidak dapat berfungsi sama sekali. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan karena ada hubungan pendek pada remot itu sendiri. Jika sudah begini, besar kemungkinan ada komponen elektronik yang perlu diganti.

4. TV Mati Total
Kerusakan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa orang mungkin akan menyangka jika ini disebabkan oleh regulator yang rusak. Namun kasus seperti ini sangat jarang terjadi. Dalam banyak kasus, kejadian TV mati total lebih sering disebabkan oleh kerusakan pada IC osilator driver regulator.

Kerusakan-kerusakan di atas bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan TV baru pun tidak lepas dari masalah di atas. Namun jika Anda membeli TV LED terbaik yang benar-benar telah teruji, kecil kemungkinan Anda mengalami masalah di atas. Silahkan Hubungi multiteknik.net




Posted in Tips Dan Trik and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *