TIPS CARA SERVICE TV LCD LG 32LG70 MATI TOTAL

TIPS CARA SERVICE TV LCD LG 32LG70 MATI TOTAL Seiring berkembangnya jaman pasti selalu diikuti oleh perkembangan teknologi. Salah satunya teknologi dibidang elektronik khususnya televisi karena hampir setiap waktu elektronik menjadi bagian kehidupan bagi manusia modern. Sehingga mungkin itu menjadi motivasi manusia untuk terus mengembangkannya. Mulai dari televisi hitam putih analog, televisi tabung berwarna, televisi proyektor, televisi plasma,televisi LCD, televisi LED dan entah apalagi nanti kita tunggu saja kehadirannya.

Dalam kesempatan kali ini adalah tentang kasus televisi LCD LG model 32LG70 yang mati total. Ketika dihubungkan dengan arus listrik indikator stanby merah tidak menyala. Konektor arus listrik diukur tidak ada hambatan sama sekali namun kabel tidak putus. Sampai akhirnya memutuskan untuk membuka kesing dan melakukan pengamatan dibagian power supply. Diketemukan sebuah fuse 3.15A terukur putus, wahh pantas televisi tidak hidup, sekringnya putus.

Dalam kasus fuse putus seperti ini sering kali disebabkan oleh adanya beban lebih atau tidak stabilnya rangkaian dalam power supply terutama dijalur yang dilewati sesudah fuse ini. Seperti misalnya dioda penyearah power supply konslet, driver fet rusak, fet power supply konslet, kapasitor snuber rusak atau konslet, adanya hewan kecil seperti cicak yang masuk ke blok power supply sehingga menyebabkan konslet.

Perlu dilakukan pengukuran lebih lanjut berbagai komponen yang sering menyebabkan fuse putus seperti disebutkan diatas, agar saat mencoba menghidupkan televisi tidak terjadi lagi fuse putus terus. Selang beberapa waktu akhirnya ditemukan sebuah kapasitor berwarna biru nilai 221 2kv dirangkaian snubber bagian power supply standby televisi mengalami semi-konslet.

Setelah yakin tidak ada lagi komponen yang bermasalah, Kamipun langsung mengganti C 221 2k dan fuse 3.15A tadi dengan nilai yang sama. Dicoba dihubungkan dengan arus listrik televisi dapat menyala merah indikator stanbynya, kemudian tekan power on dari remot televisi dapat menyal normal kembali.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply