TIPS CARA MEMBUAT UPS SENDIRI YG SEDERHANA

TIPS CARA MEMBUAT UPS SENDIRI YG SEDERHANA Pada kesempatan sebelumnya multiteknik.net telah berbagi informasi mengenai apa itu UPS serta bagaimana cara kerjanya. Buat anda yang belum tahu, UPS adalah singkatan dari uninterruptible power supply.
Fungsinya adalah untuk cadangan listrik sementara dikala listrik dari PLN sedang padam. Biasanya UPS dipasangkan dengan berbagai macam alat elektronik seperti komputer dan lain sebagainya. Dengan adanya UPS, alat-alat tersebut masih dapat bekerja untuk sementara waktu saat listrik padam.

Jenis UPS sendiri sangat bermacam-macam, mulai dari yang paling kecil untuk satu komputer, ukuran sedang untuk skala rumahan, hingga yang paling besar untuk skala industri. Semakin besar UPS, tentu semakin mahal pula harganya. Selain itu brand juga mempengaruhi mahal tidaknya harga UPS.

Cara Membuat UPS Untuk diRumah
UPS sangat bermanfaat saat digunakan di rumah. Karena pada saat listrik padam, alat-alat elektronik penting di rumah anda bisa tetap menyala berkat energi listrik yang disimpan di dalam baterai UPS. Namun sayangnya harga UPS skala rumahan tidaklah murah.

Untuk membeli UPS skala rumahan atau ukuran sedang, anda harus merogoh kocek cukup dalam. Buat anda yang punya budget pas-pasan jangan panik dulu. Daripada anda membeli UPS yang mahal, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan komponen elektronika yang cukup sederhana.

Berikut skema rangkaian UPS sederhana yang bisa anda coba buat sendiri. Komponen yang diperlukan untuk merealisasikan rangkaian ini tak terlalu banyak, dan semuanya bisa didapatkan dengan mudah di penjual atau toko-toko komponen elektronika sekitar rumah. Berikut skema rangkaiannya

ALT

Anda bisa menggunakan UPS rakitan sendiri tersebut untuk menghidupkan komputer saat listrik sedang padam. Selain itu anda juga bisa menggunakan UPS tersebut untuk memberikan energi listrik cadangan di beberapa lampu LED rumah. Jadi saat listrik padam, lampu rumah tetap menyala. Jadi itulah sebab mengapa UPS sangat dibutuhkan di rumah, terutama dikala listrik sedang padam Cukup sekian semoga bermanfaat buat anda.

Posted in Tips multiteknik.net and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *