TIPS CARA MEMBERSIHKAN KOMPOR GAS TANAM SECARA TEPAT AGAR AWET

TIPS CARA MEMBERSIHKAN KOMPOR GAS TANAM SECARA TEPAT AGAR AWET  Kompor gas tanam yang disebut juga dengan built in hob ini sendiri memang menjadi kompor yang bergaya modern. Tampilannya yang cenderung lebih elegan selama ini mampu menjadi prioritas paling utama bagi dapur bersih Anda.

Hadir dengan beragam fitur canggih

Sayangnya kompor tanam ini berbeda dengan kompor pada umumnya, pasalnya mereka sudah dirancang secara khusus. Baik itu dari segi desain, pemantik otomatis, material yang digunakan hingga memiliki fitur pengaman gas yang bisa secara otomatis menutup aliran gas pada saat terjadi kebocoran gas. Tentu saja hal ini mampu memberikan rasa aman saat Anda menggunakannya.

Berbagai fitur yang disajikan bahkan membuat kompor tanam ini termasuk tidak murah dalam segi harga. Akan tetapi harga tersebut dapat dikatakan bisa terbayar lunas dengan beragam sisi kualitas yang diberikan.

Kompor tanam (built in hob) hingga saat ini terbagi dalam dua jenis yakni menggunakan gas serta sudah ada pula yang menggunakan energi listrik. Mengenai material yang digunakan mencakup kaca (tempered glass/crystal), namun ada juga yang terbuat dari bahan stainless steel.

Tips Cara merawat kompor gas tanam secara mandiri

Harga yang tidak mudah tentu sayang jika disia-siakan begitu saja. Oleh karena itu jika Anda merupakan salah satu pemilik dari kompor tanam, penting untuk memperhatikan perawatannya. Salah satunya yakni untuk menjadikan kompor tanam yang ada di rumah Anda awet atau tahan lama.

Berikut cara melakukan perawatan kompor tanam secara tepat:

1. Pastikan bahwa api kompor tanam sudah benar-benar padam dan berada dalam kondisi dingin.

2. Lepaskan perlahan regulator beserta saklar atau stop kontak jika kompor tanam Anda termasuk menggunakan energi listrik.

3. Angkat tungku kemudian pisahkan burner, selanjutnya silahkan rendam menggunakan air panas.

4. Diamkan kurang lebih selama 10 hingga 15 menit, tujuannya adalah untuk merenggangkan noda beserta lemak di burner.

5. Bersihkan burner yang sudah direndam menggunakan sikat dan spon jika terdapat noda-noda yang membandel hingga bersih. Keringkan hingga burner benar-benar kering.

6. Membersihkan lapisan tempered glass atau crystal, baik itu kompor tanam gas atau listrik yang dilakukan menggunakan kain lembap dan halus.

7. Gosok-gosok secara perlahan serta tidak menggunakan pembersih kimia karena hanya merusak lapisan kaca. Lap serta diamkan hingga kering.

8. Akan tetapi jika Anda memiliki kompor tanam yang bahan materialnya stainless steel, baik jenis kompor gas maupun listrik, memang cara pembersihannya justru dianjurkan menggunakan jenis bahan kimia tertentu yang sudah dilengkapi anti karat maupun serbuk khusus stainless di dalam membersihkannya. Gosok-gosok secara perlahan hingga kompor tanam terlihat mengkilap serta bersih menggunakan kain yang halus dan lembut.

9. Langkah pembersihan terakhir adalah dengan membersihkan inti burner. Untuk membersihkan bagian ini Anda hanya cukup memanfaatkan kuas. Silahkan bersihkan di sisi bagian dalam burner sekaligus sepuyer sampai tidak ada lagi debu maupun partikel-partikel kecil yang menghambat.

Setelah semua tahapan demi tahapan selesai, saat ini Anda sudah dapat memasangkannya kembali. Mulai dengan menempatkan burner secara tepat di bagian lubangnya, kemudian ganti baterai saat memang itu diperlukan serta jangan lupa untuk memasang kembali saklar atau regulator secara benar dan baik. Pada saat Anda mendapatkan masalah yang cukup serius dengan kompor milik Anda, segera hubungi pihak service kompor gas tanam langganan Anda. Jangan paksakan untuk mengatasinya sendiri.

Posted in Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *