Mengenal Responsive Web Design Dan Fungsinya

Mengenal Responsive Web Design dan Fungsinya. Di era yang serba digital, kebutuhan akan penggunaan website kian meningkat. Hal ini juga selaras dengan perkembangan gadget yang semakin canggih. Oleh karena itu, responsive web design menjadi salah satu solusi yang harus dipikirkan oleh pemilih website agar kompatibel di semua perangkat. Untuk lebih lanjut, yuk intip ulasan berikut ini!

Apa itu Desain Website yang Responsif
Dengan banyaknya gadget yang dirilis di pasaran, para perancang web ditantang untuk menciptakan beberapa versi situs web. Hal ini berlaku untuk layar dan browser baru pada sebuah gadget. Perancangan versi laman website yang berbeda beda dibuat oleh developer untuk menyesuaikan perangkat terbaru.
Desain responsif menjadi solusi terbaik agar suatu laman bisa diakses melalui perangkat apa saja. Selain itu, hal ini juga menjadi pendekatan dalam pengembangan web yang memanfaatkan desain fleksibel agar dapat beradaptasi di berbagai platform, layar, orientasi, bahkan layar TV yang besar. Bisa dikatakan hal ini bertujuan agar dapat digunakan di seluruh perangkat.

Desain website yang responsive menggunakan CSS atau sering dikenal dengan Cascading Style Sheets. Teknologi ini digunakan untuk membuat desain dan tata letak yang fleksibel yang dapat diperluas tanpa mempengaruhi fungsi awalnya. Seperti contoh, jika pengguna beralih menggunakan ponsel Android ke laptop Windows, situs akan menyesuaikan resolusinya.

Tidak hanya itu saja, responsive web design juga berupaya menciptakan situs website yang adaptif. Maksudnya di sini, produk website akan mengenali preferensi dan pengaturan para penggunanya. Dengan begitu, pengguna lebih mudah mengakses situs website yang ingin dikunjungi dari berbagai perangkat, baik itu HP, laptop.

Fungsi Desain Situs Web Yang Responsif
Resolusi gambar menjadi salah satu kesulitan bagi para developer web, sebab harus disesuaikan berdasarkan layar perangkat. Jika gambar yang digunakan terlalu kecil, maka kualitasnya yang rendah akan terlihat jelas pada layar berukuran besar. Namun, apabila gambar terlalu besar, maka akan memperlambat situs website secara signifikan.

Dengan adanya elemen desain CSS kreatif, maka tata letak dan resolusi gambar bisa disesuaikan ke berbagai layar. Desain yang fleksibel ini akan mengadaptasi gambar ke berbagai resolusi tanpa menambah waktu buka. Dengan begitu, pengunjung website bisa mengakses lebih mudah dari berbagai perangkat yang dimiliki.

Selain itu, kegunaan situs web yang baik membutuhkan adaptasi dengan berbagai kemampuan perangkat. Misalnya saja, situs website dapat diakses melalui mouse atau layar sentuh. Responsive web design berguna untuk mempertimbangkan interface pada perangkat untuk menjaga aksesibilitas pengguna.
Tidak dapat disangkal jika era baru juga mempengaruhi desain digital, termasuk website. Dengan meningkatkan fungsionalitas perangkat, maka produk digital harus didesain fleksibel dan kompatibel. Bagi Anda yang ingin mendapatkan desain website yang responsif, maka bisa mempercayakannya pada multiteknik.net langsung dikerjakan sendiri bukan tidak oper sana sini multiteknik.net bukan team tapi perorang pastinya akan lebih murah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.