Mengenal Jambu Susu dan Manfaat nya

Mengenal Jambu Susu dan Manfaat nya.Jambu Susu Pernah mendengar nama jambu susu? Jenis jambu yang satu ini tersohor dengan rasanya yang manis dan konon katanya hampir serupa dengan susu. Belum pernah mendengar? Bagaimana dengan nama jambu pasar minggu? Nah, ternyata jambu susu putih adalah nama lain dari jenis jambu biji pasar minggu. Jambu biji yang satu ini memang cukup populer. Tak hanya rasanya yang manis serupa susu tetapi juga warna daging buahnya yang berwarna putih memang sangat khas dengan warna susu.

Meski demikian, jambu yang satu ini sebenarnya terdapat dalam dua varian warna daging buah. Selain jambu susu dengan daging putih, ada juga jambu susu dengan daging buah berwarna merah. Namun, jika dibandingkan, memang jenis jambu susu dengan daging berwarna putih tersebutlah yang paling dikenal oleh masyarakat dan dijuluki si susu putih.

Secara sepintas, penampilan jambu susu putih ini sama saja dengan jenis jambu biji lainnya. Buahnya bulat agak lonjong dengankulit buah yang lebih tipis. Daging buah jambu biji yang satu ini cukup tebal, rasa yang dominan manis dan sedikit sepat serta tekstur daging yang cukup lembut. Adapun varian jambu yang merah kurang diminati, selain dagingnya kurang manis, ia juga cukup mudah busuk jadi secara ekonomi tentu hal tersebut merugikan petani. Jambu jenis ini sebenarnya merupakan jambu biji ras lokal yang telah lama dikenal di nusantara.

Manfaat Jambu SusuALT

Sama seperti jambu biji pada umumnya, jenis jambu susu ini juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsei secara rutin. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Jambu susu ini cukup populer dijadikan jus. Selain itu, di beberapa belahan Negara lainnya, jambu susu ini biasa dijadikan bahan pembuatan sejumlah kue seperti pie dan juga kue pastel. Ada pula yang menjadikannya prosuk semacam selai, sari buah, jelly, nectar dan masih banyak lagi lainnya. Lain lagi di Hindia barat, jambu susu ini sangat populer diolah menjadi pasta buah jambu biji dengan cara dilunakkan dan dicampurkan dengan gula. Konsumsi buah jambu ini bisa menanggulangi penyakit seperti diare dan lain-lain.

Digolongkan Buah Langka

Baru-baru ini fakta mengejutkan datang dari petani di Bogor. Mereka mengklaim bahwa jambu susu putih cilebut, yang dikenal manis serupa susu, sudah masuk ke dalam daftar buah lokal yang hampir punah. Hal ini disebabkan keberadaannya yang memang sudah jarang. Hal ini dipicu oleh pengalihan lahan perkebunan jambu susu cilebut menjadi area perumahan dan pembangunan fasilitas umum lainnya. Hal ini banyak disayangkan orang-orang sebab jambu susu cilebut dari bogor ini terkenal nikmat dan jika dikembangkan secara serius bisa menjadi salah satu komoditi khas kebangan bangsa Indonesia. Namun harapan tersebut seolah pupus sedikit demi sedikit. Jadi, jika ada di antara Anda yang tidak mengenal jambu susu, hal tersebut wajar sebab jambu ini memang susah ditemukan di pasaran oleh karena kelangkaannya,cukup sekian semoga bermanfaat.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply