MENGENAL DAN MEMAHAMI JENIS LNB

MENGENAL DAN MEMAHAMI JENIS LNB. lnb adalah suatu alat yang berfungsi untuk menerima sinyal satelit dan menurunkan lebar frekuensi agar bisa dilewatkan melalui kabel coaxial dan diolah oleh receiver untuk menjadi gambar, sinyal satelit itu didapat dari pantulan piringan yang berbentuk parabola. LNB atau Low Noise Block Converter ini ada beberapa jenis yaitu LNB C band, LNB Ku band, dan LNB S band. Setiap jenis LNB bekerja pada frekuensi yang berbeda-beda.

Pada sebuah lnb terdapat apa yang dinamakan polaritas, ada polaritas horizontal dan polaritas vertikal. Polaritas horizontal membutuhkan daya dari receiver dengan besaran 18 volt dc, dan polaritas vertikal membutuhkan catu daya 13 volt dc. Jika ada salah satu polaritas yang mati, misalnya lnb tersebut buat mengambil sinyal satelit palapa akan tetapi polaritas yang vertikal mati, maka kita tidak bisa menangkap siaran seperti Mnc, Matrix tv, Jtv dan chanel lainya yang berada pada satu polaritas dengan vertikal.

Pada sebuah parabola fungsi lnb sangatlah penting, jika lnb kita rusak kita tidak akan bisa mendapat sinyal dari satelit, yang akan diterjemahkan oleh receiver dan akhirnya kita tidak dapat menonton tayangan televisi diparabola tersebut. Mengenai jenis lnb bisa anda simak berikut ini

LNB C BAND

Lnb jenis ini di Indonesia biasanya digunakan untuk mengambil sinyal satelit pada parabola yang fta “gratis”, karena kebanyakan chanel fta menggunakan jenis lnb C band. Lnb cband bekerja pada frekuensi 3,4 Ghz-4,2 Ghz. Mengenai bentuknya lnb jenis ini berbentuk seperti gelas. Adapun keunggulan lnb jenis ini ialah lebih tahan terhadap gangguan cuaca seperti pada waktu hujan, dan cuaca mendung.

LNB KU BAND
Untuk lnb Ku band modelnya lebih kecil ketimbang lnb C band, lnb jenis ini biasanya digunakan oleh tv prabayar seperti, astro, orange tv Ku band, K vision Ku band, dan masih banyak tv prabayar lainya yang menggunakan frekuensi jenis ini. Lnb Ku band bekerja pada kisaran frekuensi 10 Ghz-13 Ghz lebih tinggi daripada frekuensi C band. Karena lnb ini bekerja pada frekuensi tinggi, akan lebih baik jika kita menggunakan jenis dish yang solid, sebab dish solid dengan bidang pantul yang rapat akan memantulkan sinyal frekuensi tinggi lebih baik daripada dish mesh.
LNB S BAND
Lnb S band bekerja pada frekuensi rendah yaitu pada kisaran frekuensi 2,52 Ghz-2,67 Ghz, untuk modelnya sendiri lebih besar dari lnb C band dan berbentuk bulat. Di Indonesia lnb S band hanya digunakan oleh tv prabayar indovision. Lnb jenis ini tidak tahan dengan cuaca buruk, artinya jika dalam kondisi hujan atau mendung sinyalnya akan menurun. Demikian mengenal dan memahami lnb semoga bermanfaat.

Bagi anda yang membutuhkan para bola atau pemasangan parabola bisa hubungi kami. silahkan kontak admin melalui chat Whastap

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply