MANFAAT SAWI PUTIH UNTUK KESEHATAN

Manfaat sawi putih untuk kesehatan.Tentu Anda tak asing lagi dengan sawi putih. Menurut Collins Dictionary, sawi putih merupakan sayuran yang berasal dari China dengan sebutan petsai . Sayuran ini di Indonesia disebut dengan sawi putih karena warna daunnya.

Sawi putih masih satu keluarga dengan sawi hijau. Kendati jenisnya berbeda, kedua sayuran ini memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Sawi putih dijual di pasaran dengan harga cukup murah. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah sawi putih sebagai aneka tumis, sup, lalapan, pelengkap mie ayam serta bakso. Sementara di Korea, sayuran ini umum dijadikan sebagai campuran kimchi.

Meski populer di berbagai belahan dunia, namun masih banyak pula orang yang tidak menyadari manfaat dari sawi putih. Sayuran ini sangat baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Sawi putih mengandung nutrisi cukup tinggi seperti vitamin B kompleks dalam bentuk asam folat, vitamin A yang berasal dari karoten, vitamin C, dan vitamin K. Sayuran berdaun keputihan ini juga mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Sawi juga kaya vitamin A dan C cukup tinggi.

Senyawa antioksidan dalam sawi putih mampu menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan. Saking banyaknya kandungan dalam sayuran ini tak heran jika sawi putih juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti berikut.

1. Detoks Racun
Sawi putih terkenal ampuh untuk mengeluarkan atau mendetoks racun dari tubuh. Tanpa disadari, setiap beraktivitas sehari-hari berbagai zat berbahaya masuk ke tubuh. Jika racun tersebut mengendap, maka akan menjadi berbahaya jika tidak dikeluarkan.

Anda perlu mengonsumsi sawi putih guna membantu mengeluarkan racun atau radikal bebas dari dalam tubuh. Kandungan serat dan antioksidan dalam sawi putih mampu mendorong racun dalam sistem pencernaan dan mengeluarkannya melalui feses.

2. Baik untuk Kesehatan Mata
Mata merupakan pancaindra yang amat penting untuk melihat dan memandang lingkungan sekitar. Sehingga kesehatan mata perlu dijaga.

Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi sawi putih karena adanya kandungan vitamin A dan alfa-karoten. Mengonsumsi sawi putih secara rutin dapat membantu menangkal berbagai penyakit mata. Selain sawi putih, kandungan alfa-karoten juga terdapat dalam wortel, labu, ubi, dan alpukat.

Kandungan antioksidan dalam sawi putih juga dapat melindungi retina dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan begitu, sawi putih bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan rabun senja.

3. Mencegah Kanker
Manfaat sawi putih selanjutnya adalah mencegah kanker karena adanya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Selain itu, sawi putih mengandung kompenen yang bernama glucosinolate. Kandungan itu berperan penting sebagai anti-kanker untuk menangkal pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

4. Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung
Kolesterol sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Jika kadar kolesterol jahat (LDL) tidak terkontrol, maka bisa menyebabkan penyakit kronis seperti jantung koroner, serangan jantung, hingga stroke.

Sebenarnya Anda bisa mengontrol kadar LDL dengan mengonsumsi sawi putih karena adanya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya cukup tinggi. Selain itu, kandungan glucosinolate dalam sayuran yang satu ini berperan penting untuk menangkal pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal
Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain meningkatkan kepercayaan diri, berat badan yang ideal juga bisa mencegah seseorang dari obesitas. Untuk memiliki berat badan ideal, Anda bisa mengonsumsi sawi putih dengan cara dikukus atau dijadikan lalapan dan salad sayur.

Sawi putih terkenal mampu menurunkan berat badan. Namun, Anda tidak bisa mengonsumsinya sebagai patokan untuk menurunkan berat badan. Anda juga perlu mengimbanginya dengan berolahraga supaya hasilnya lebih efektif.

Sawi putih mengandung serat tinggi cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu dalam program penurunan berat badan.

6. Mencegah Batu Ginjal
Sawi putih dipercaya mampu mencegah penyakit batu ginjal lantaran memiliki kandungan mineral dan vitamin. Kandungan itu dapat membantu mengeluarkan cairan garam berlebih, sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap edema dan orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Sayuran ini dapat membantu mengeluarkan toksin dalam ginjal dan mencegah mengatasi pengendapan toksin yang menjadi penyebab penyakit ginjal.

7. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi
Tulang merupakan penopang tubuh manusia, sehingga kekuatannya perlu dijaga dan ditingkatkan. Anda bisa menjaga kekuatan tulang dengan rajin mengonsumsi sawi putih.

Sayuran ini mengandung vitamin K dan penting untuk sistem metabolisme dan kesehatan tulang. Sehingga Anda bisa mencegah penyakit osteoporosis dan terhindar dari tulang keropos.

Kandungan vitamin D dan kalsium dalam sawi putih juga bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Selain untuk tulang, sayuran ini juga bisa menjaga kesehatan gigi.

8. Bikin Kulit Cantik dan Awet Muda
Sawi putih mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi mencegah proses penuaan dini pada kulit dengan mengangkat noda serta kerutan kulit, sehingga akan membuat Anda terlihat awet muda.

Kandungan dalam sawi putih juga dipercaya bisa mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV atau polusi. Sayuran ini juga memiliki senyawa asam folat yang berperan sebagai penghambat proses penuaan pada kulit.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply