Manfaat Menggunakan Google Drive

Manfaat menggunakan Google Drive.Google Drive adalah layanan penyimpanan yang dimiliki oleh google. Google Drive ini sebenarnya sudah lama dilunjurkan yaitu sejak 24 April 2012 yang lalu. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs, jika kita membuka google docs maka akan diredirect ke google drive. Pengguna google drive akan mendapatkan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB, dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients.

Google drive memiliki manfaat sebagai media pembelajaran. Beberapa manfaat tersebut yaitu:

Memantau Kegiatan Siswa
Dengan Google Drive, guru dapat membuat layanan spreadsheet yang disediakan google drive untuk memantau dan merekam kehadiran serta nilai-nilai tugas. Hal ini bisa dimanfaatkan pula oleh guru untuk membuat tugas dan dibagikan ke semua murid dalam fitur sharing. Lalu siswa mengupload kembali hasil tugasnya dan diserahkan kepada guru.

Mengembangkan Kreatifitas Siswa
Fitur yang bermacam-macam dalam Google Drive memungkinkan siswa untuk memberikan pendapat dan mengutarakan gagasan dan ide mereka.

Pembelajaran yang Menarik
Dengan menambahkan video atau gambar yang ditampilkan, pembelajaran jadi lebih menarik dan tentu saja menyenangkan. Video yang ditampilkan pun dapat ditonton kembali di luar jam belajar sehingga siswa dapat mengakses dan mempelajarinya berulang-ulang dimana saja.

Melatih Kerjasama Siswa
Google Drive juga mendukung kegiatan kelompok. Contohnya guru memberikan tugas yang dilakukan secara tim dan siswa bekerjasama dalam sebuah kelompok dan mengakses serta mengedit dokumen secara bersamaan. Hal ini mampu melatih kerjasama tim para siswa dalam mengerjakan tugas.

Ujian dan Kuis Online
Kini guru tidak perlu repot-repot lagi memberikan ujian dengan kertas yang nantinya akan menghasilkan polusi. Dengan Google Drive, guru akan share soal kuis lalu kemudian dikerjakan dan disubmit melalui akun google masing-masing siswanya.

Keuntungan menggunakan google drive yaitu:

Kemudahan menyimpan dan mengakses dokumen dari manapun

Kemudahan share dokumen, dimana sesama pengguna bisa membuat dan menggunakan secara bersama dokumen yang dimilikinya.

Kemudahan mencari file dengan berbagai ekstensi, dimana pengguna cukup mengetikkan kata kunci yang sesuai untuk mencari file di daftar dokumen Google Drive.

Google Drive memungkinkan penggunanya untuk membuat dokumen-dokumen untuk kepentingan pembelajaran atau pendidikan secara umum, diantaranya membuat file presentasi, model-model pembelajaran, dll.

Guru dengan mudah bisa memantau dan menilai aktivitas siswanya melalui Google Drive. Guru juga bisa melakukan evaluasi belajar dan itu bisa dilakukan dari manapun tidak harus berada di sekolah, kapan pun tidak harus pada jam pelajaran sekolah.

Newsletter Update