MANFAAT JAMUR MERANG BERDASARKAN NUTRISINYA

Manfaat jamur merang berdasarkan nutrisinya.Manfaat jamur merang cukup banyak, misalnya menjaga kesehatan tulang dan otot, meningkatkan energi, hingga menjaga kontraksi otot. Di dalamnya terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.
Manfaat jamur merang tentunya berpotensi menjaga kesehatan tubuh Anda. Sebab, jamur yang satu ini kaya gizi yang baik untuk tubuh.
Jamur merang adalah jamur konsumsi banyak tumbuh di wilayah beriklim subtropis, seperti Asia Tenggara. Nama lain jamur merang adalah Volvariella volvacea
Jamur ini juga sering digunakan dalam berbagai hidangan khas Asia. Tak heran, selain bergizi, jamur merang juga memiliki citarasa yang enak.
Kandungan gizi jamur merang
Manfaat jamur merang tentu didapat dari kandungan nutrisinya. Dikutip dari US Department of Agriculture, dalam 100 gram jamur merang, inilah kandungan gizinya:

  • Air: 89,9 gram
  • Kalori: 133 kkal
  • Protein: 3,83 gram
  • Lemak: 0,68 gram
  • Karbohidrat: 4,64 gram
  • Serat: 2,5 gram
  • Natrium: 384 mg
  • Kalsium: 10 mg
  • Zat besi: 1,43 mg
  • Magnesium: 7 mg
  • Fosfor: 61 mg
  • Kalium: 78 mg
  • Zinc: 0,67 mg
  • Selenium: 15,2 mcg
  • Folat: 38 mcg

Manfaat jamur merang untuk kesehatan
Berdasarkan nutrisi yang terkandung, inilah manfaat jamur merang yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan.
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat jamur merang yang satu ini didapat dari kandungan selenium. Terbukti, selenium merupakan antioksidan yang mampu melawan stres oksidatif dan membantu melindungi tubuh Anda dari berbagai kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.
Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan selenium juga dapat mencegah penurunan mental dan meningkatkan daya ingat bagi penderita Alzheimer.
Nutrisi ini juga berkontribusi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tiroid, dan meredakan gejala asma.
Selain itu, jamur merang juga mengandung ergothioneine, yaitu antioksidan yang hanya ditemukan pada jamur.
Bahkan, menurut riset terbitan International Journal of Medicinal Mushrooms, jamur merang memiliki kadar ergothioneine yang tinggi, yaitu sebanyak 537,27 mg/kg atau dalam 100 mg sebanyak 53,7272 mg ergothioneine.
Penelitian dari Biochimica et Biophysica Acta (BBA) – Molecular Basis of Disease menyimpulkan bahwa ini ergothioneine berguna untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan melindungi tubuh dari peradangan.
2. Menjaga kinerja tubuh agar tetap optimal
Manfaat jamur merang yang satu ini didapat dari kandungan natrium. Ini dibutuhkan tubuh untuk mengatur peredaran darah, menjaga fungsi tubuh tetap sehat, dan membantu menjaga kontraksi otot.
Natrium juga dapat berperan sebagai elektrolit yang dapat menjaga cairan tubuh dan menyalurkan impuls listrik dalam tubuh.
Tidak seperti vitamin dan mineral lainnya, natrium tidak terpengaruh oleh panas sehingga kandungannya di dalam makanan tidak akan berkurang setelah dimasak.
Meski termasuk nutrisi yang penting untuk tubuh, konsumsi natrium yang berlebih juga dapat meningkatkan risiko hipertensi dan kanker lambung. Adapun batas konsumsi natrium adalah 1.500 mg per hari untuk orang dewasa, terutama jika memiliki tekanan darah tinggi.
3. Mengurangi risiko anemia
Beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh jamur merang melalui zat besi yang terkandung di dalamnya, yaitu membantu mengatasi anemia. Sebab, zat besi membantu tubuh untuk meningkatkan hemoglobin.
Bila kadar hemoglobin kurang, tubuh pun rentan mengalami anemia yang ditandai dengan kelelahan, otot terasa lemah.
Bahkan, bila tidak ditangani, anemia dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda sebab Anda rentan mengalami infeksi.
Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi juga dapat membantu mengatasi memar yang disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, meningkatkan konsentrasi, dan membantu mengatasi masalah tidur.
4. Menjaga kesehatan janin di dalam kandungan
Jamur merang kaya akan folat yang berguna untuk membangun sel janin. Selain itu, folat juga bermanfaat untuk membentuk tabung saraf.
Bila Anda kekurangan asupan folat saat hamil, maka bayi berisiko mengalami cacat tabung saraf.
Beberapa contoh cacat tabung saraf adalah anensefali atau otak dan tengkorak yang tidak berkembang dengan optimal atau spina bifida, yakni cacat sumsum tulang belakang.
Selain itu, manfaat jamur merang yang didapat dari folat membantu dalam mencegah beberapa gangguan kesehatan lain, seperti penyakit kardiovaskular, degenerasi makula yang berkaitan dengan penuaan, dan beberapa jenis kanker.
5. Memperkuat tulang
Manfaat jamur merang ternyata bisa menjaga kesehatan tulang. Sebab, fosfor dan magnesium yang terkandung dalam jamur merang adalah mineral yang berguna untuk menyusun kepadatan tulang.
Bahkan, riset yang diterbitkan pada jurnal Nutrients menemukan bahwa 60% total magnesium dalam tubuh ditemukan pada tulang dan gigi.
6. Meningkatkan massa otot
Kandungan protein di dalam jamur merang berguna untuk memperkuat dan menambah massa otot. Hal ini pun dipaparkan dalam riset terbitan Journal of the International Society of Sports Nutrition.
Bila Anda juga rutin olahraga, protein juga membantu mempercepat pertumbuhan otot secara signifikan.
7. Menunda rasa lapar
Bila Anda sedang diet, maka jamur merang adalah pilihan makanan sehat yang tepat. Sebab, manfaat jamur merang mampu menghambat lapar dan mengurangi nafsu makan.
Kandungan protein ternyata mampu menekan hormon pemicu rasa lapar, yaitu hormon ghrelin.
Selain itu, protein juga meningkatkan kadar peptide YY, yaitu hormon yang membuat Anda merasa kenyang.
8. Mengontrol gula darah
Dikutip dari jurnal Bangladesh Journal of Pharmacology, jamur merang kaya akan kandungan beta glucan.
Manfaat jamur merang dari kandungan beta glucan menjaga fungsi sel pankreas untuk memproduksi hormon insulin.
Hormon insulin berguna untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Jadi, Anda sehingga terhindar dari diabetes.
9. Mengurangi risiko penyakit jantung
Dikutip dari jurnal International Journal of Molecular Medicine, kandungan beta glucan pada jamur merang berguna untuk mencegah penyerapan lemak dalam darah (trigliserida) dan kolesterol pada tubuh.
Sementara, ergothioneine mampu menghambat pembentukan plak pada pembuluh darah yang menyebabkan hipertensi hingga stroke.
Cara menyimpan jamur merang
Menurut situs kesehatan resmi Pemerintah Kanada, agar manfaat jamur merang tetap optimal, Anda perlu mengetahui cara menyimpan dengan tepat. Ikutilah langkah-langkah berikut:

  • Jamur segar harus diolah sesegera mungkin
  • Jamur yang sudah dibeli beberapa hari akan terlihat sedikit layu, jadi harus disimpan di dalam paperbag dan letakkan di kulkas.
  • Jamur dalam bentuk kemasan bisa didinginkan hingga lima hari.
  • Jamur bisa dibekukan di dalam freezer agar tahan lama, tetapi harus ditumis atau dikukus terlebih dahulu. Jamur merang ini bisa disimpan di freezer selama 8-12 bulan.

Cara mengolah jamur merang
Inilah cara mengolah jamur merang agar nutrisinya terjaga dan tidak mengubah cita rasa:

  • Sebelum dimasak, cuci jamur merang kotoran tidak menempel.
  • Lalu, rebus selama 5 menit.
  • Setelah direbus hingga airnya kecokelatan dan menimbulkan buih dan berbau khas, tiriskan jamur.
  • Bilas jamur dengan air dingin sebanyak 2-3 kali, lalu buang airnya.
  • Jamur bisa segera dimasak dengan olahan tumisan. Pastikan tidak disimpan tidak terlalu lama agar jamur tidak busuk.

    Manfaat jamur merang baik untuk kesehatan Anda. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai khasiatnya, tentu tidak ada salahnya untuk mulai memasukkan jamur ini ke dalam menu harian Anda.Sumber konten

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Leave a Reply