MANFAAT JAMUR KUPING UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan tubuh.Manfaat jamur kuping tidak hanya terletak di strukturnya yang renyah, tetapi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh
Jika Anda pergi berbelanja di supermarket ataupun pasar, Anda akan melihat berbagai jenis jamur yang dijual untuk dijadikan beragam hidangan. Salah satu jamur yang sering dijadikan hidangan dalam kuah ataupun tumisan adalah jamur kuping. Nama ilmiah jamur kuping adalah Auricularia judae. Meskipun memiliki penampilan yang jelek, tetapi terdapat manfaat jamur kuping bagi kesehatan. Jamur kuping tidak hanya jamur yang dijadikan tambahan dalam hidangan, tetapi dapat menjadi penjaga kesehatan Anda!
Kandungan gizi jamur kuping
Jamur kuping putih maupun jamur kuping hitam mengandung tinggi nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain rendah kalori dan lemak, jamur kuping hitam juga tinggi protein dan serat. Selain itu, jamur kuping kaya akan sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
Kandungan 100 gr jamur kuping adalah:

  • 9,25 g protein
  • 70,1 g serat
  • 0,73 g lemak
  • 754 mg kalium
  • 65 persen dari kebutuhan harian vitamin B2 (riboflavin)
  • 39 persen dari kebutuhan harian vitamin B3 (niasin)
  • 10 persen dari kebutuhan harian vitamin B5 (asam pantotenat)
  • 10 persen dari kebutuhan harian vitamin B9 (folat)
  • 7 persen dari kebutuhan harian vitamin B6 (piridoksin).
  • Selain itu, jamur kuping juga mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium. Semuanya merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.
    Manfaat jamur kuping bagi kesehatan
    Jamur kuping umum ditemukan dalam hidangan berupa kuah ataupun tumisan, teksturnya yang kenyal dan warnanya yang hitam membuatnya belum tentu disukai oleh semua orang. Namun, jangan salah, terdapat manfaat jamur kuping hitam bagi kesehatan yang perlu dipertimbangkan:
    1. Bernutrisi tinggi
    Meskipun kecil, manfaat jamur kuping untuk kesehatan didukung dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Jamur kuping tidak hanya rendah kalori dan lemak, tetapi juga kaya akan serat, antioksidan, asam omega, riboflavin, selenium, dan vitamin B5 yang baik untuk kesehatan.
    Cukup dengan mengonsumsi 100 gram jamur kuping, Anda telah memenuhi 32% kandungan tembaga harian Anda! Perlu diketahui bahwa senyawa tembaga sangat berperan dalam proses metabolisme zat besi dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan organ tubuh.
    2. Mengandung antioksidan yang tinggi
    Jamur kuping kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan pada sel tubuh, seperti polifenol dan sebagainya. Antioksidan juga mampu mencegah beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan sebagainya.
    Antioksidan juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit kardiovaskuler (yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah).
    3. Menghambat pertumbuhan bakteri
    Selain karena kandungan antioksidannya, manfaat jamur kuping putih lainnya dikarenakan kandungan antimikroba di dalamnya yang mampu mengatasi beberapa macam bakteri.
    Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa jamur kuping dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli yang dapat menginfeksi manusia.
    4. Menjaga kesehatan jantung Jangan sepelekan manfaat jamur kuping untuk kesehatan, karena salah satu manfaatnya adalah untuk melindungi organ jantung. Jamur kuping ditemukan dapat menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung, serta penumpukan lemak di pembuluh darah pada tikus.
    5. Berpotensi melawan kanker
    Khasiat jamur kuping dalam melawan kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi jamur kuping berpotensi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini ditemukan pada riset di Korea yang menemukan bahwa ekstrak jamur kuping dapat membunuh sel tumor di tulang, perut, dan paru-paru.
    6. Mencegah penyakit Alzheimer
    Menurut International Journal of Medicinal Mushrooms, mengonsumsi jamur kuping, jamur shitake, jamur kancing, dan jamur enoki dapat memberikan perlindungan terhadap gangguan demensia, termasuk penyakit Alzheimer.
    Nutrisi yang dimiliki oleh jamur mampu menghambat enzim beta site yang bertanggung jawab untuk melepaskan beta-amyloid peptida yang merupakan senyawa buruk bagi otak.
    Penyakit Alzheimer adalah kondisi penurunan fungsi otak yang umumnya terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Penderita Alzheimer dapat menjadi sangat lemah dalam mengingat, berbahasa, berpikir, dan mengambil keputusan.
    7. Menjaga berat badan
    Jamur merupakan satu dari deretan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu cangkir jamur kuping memiliki 19,6 gram serat makanan.
    Pria dewasa membutuhkan 38 gram serat setiap harinya. Sementara wanita dewasa membutuhkan 30 sampai 32 gram serat per harinya. Dengan begitu, satu cangkir jamur kancing ternyata dapat memenuhi setengah kebutuhan serat per harinya.
    Serat pada makanan sangat baik untuk kesehatan pencernaan, karena dapat membantu gerakan usus menjadi lebih lancar dan menghindari Anda dari sembelit.
    Tak hanya itu saja, makanan yang memiliki kandungan tinggi serat juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Menu diet dengan menggunakan jamur kuping juga bisa jadi salah satu pilihan Anda untuk menurunkan berat badan.
    8. Mencegah anemia
    Jamur kancing merupakan salah satu bahan makanan yang bisa Anda gunakan untuk mencegah anemia. Satu mangkuk jamur kancing memiliki 1,7 mg zat besi.
    Mineral ini merupakan salah satu yang paling penting untuk produksi sel darah merah. Tak hanya itu saja, zat besi juga menghasilkan protein seperti hemoglobin dan mioglobin yang berperan untuk mengangkat oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan.
    Kekurangan zat besi pada tubuh dapat menyebabkan penyakit anemia. Kondisi ini umumnya akan ditandai dengan tubuh cepat lelah, lemah, dan pusing.
    Wanita yang mengidap anemia kemungkinan besar akan mengalami kesulitan saat hamil karena membutuhkan lebih banyak sel darah untuk pembentukan janin.
    9. Menurunkan kolesterol
    Manfaat jamur kuping selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Kandungan polifenol pada jamur kuping dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Sehingga, risiko penyakit jantung bisa dikurangi.
    10. Melindungi hati
    Manfaat jamur kuping hitam selanjutnya adalah potensinya dalam melindungi hati dari kerusakan oleh zat-zat tertentu. Sebuah riset mengungkapkan jamur kuping membantu membalikkan dan melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh overdosis acetaminophen.
    Manfaat jamur kuping bagi kesehatan sudah cukup terbukti, tetapi bagaimana jika kandungan nutrisinya dibandingkan dengan jamur jenis lainnya? Jika dibandingkan dengan jamur lainnya, jamur kuping memiliki kandungan mineral yang lebih banyak dari jamur lain pada umumnya.
    Selain senyawa mineral, jamur kuping memiliki kandungan protein yang lebih banyak dari jamur lainnya. Tidak hanya itu, kandungan lemak dalam jamur kuping lebih sedikit daripada jamur lainnya.
    Namun, jamur kuping hanya memiliki sedikit kandungan senyawa potasium di dalamnya. Jamur kuping juga tidak mengandung vitamin D dan hanya memiliki kandungan vitamin B.
    Efek samping mengonsumsi jamur yang perlu diperhatikan
    Secara umum, Anda bisa mendapatkan manfaat jamur kuping secara aman. Namun, orang yang memiliki alergi jamur ataupun mengonsumsi obat pengencer darah, seperti coumadin atau warfarin, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Anda juga wajib mencuci jamur kuping dengan benar sebelum dikonsumsi.
    Sejumlah bahaya jamur kuping hitam yang perlu diperhatikan adalah:
    Jamur kuping hitam mungkin mengandung residu atau bakteri. Maka dari itu, jamur ini harus dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi.
    Jangan mencari jamur hitam sendiri karena berisiko salah identifikasi dengan jenis jamur lain yang mungkin beracun.
    Orang yang sedang menjalani pengobatan untuk kelainan darah sebaiknya tidak mengonsumsi jamur hitam karena dapat mencegah pembekuan darah.
    Berhenti mengonsumsi jamur kuping hitam setidaknya dua minggu sebelum operasi.
    Wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi jamur ini dalam bentuk apapun karena belum terbukti keamanannya dan berpotensi menimbulkan efek negatif pada bayi.
    Pastikan Anda tidak memiliki alergi jamur hitam sebelum mengonsumsinya dalam bentuk apa pun.
    Cara mengolah jamur kuping
    Jamur kuping umumnya ditemukan dalam bentuk yang sudah dikeringkan, karenanya sebelum mengolah jamur kuping untuk dikonsumsi, rendam jamur kuping terlebih dahulu semalaman supaya mengembang.
    Anda dapat memasak jamur kuping dan menjadikannya tambahan hidangan tumisan ataupun kuah, serta mencampurkannya ke dalam salad Anda.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply