MANFAAT JAMUR KANCING UNTUK KESEHATAN

Manfaat jamur kancing untuk kesehatan.Manfaat jamur kancing ternyata bisa Anda dapatkan ketika Anda sedang asyik menikmati kudapan. Jamur dengan nama lain jamur champignon ini memang memiliki rasa yang gurih dan bisa dicampurkan ke berbagai hidangan.
Namun yang terpenting, jamur ini juga menawarkan segudang nutrisi dan beberapa manfaat kesehatan. Apa saja manfaat tersebut?
Kandungan gizi jamur kancing
Jamur kancing (Agaricus bisporus) merupakan jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Jamur bulat ini memiliki batang yang kecil, tudung yang lembut, dan rasa yang ringan.
Jamur ini masih ada pada jenis yang sama dengan jamur portobello. Bedanya, jamur portobello adalah jamur yang lebih matang sehingga ukurannya lebih besar Jamur kancing pun banyak dicampurkan ke dalam berbagai sajian.




Jamur kancing merupakan pangan rendah kalori namun tinggi protein

Sebagai makanan yang bernutrisi, maka manfaat jamur kancing terbukti baik untuk kesehatan. Berikut ini kandungan gizi jamur kancing dalam setiap 96 gramnya:
Dikutip dari US Department of Agriculture, inilah kandungan gizi jamur kancing sebanyak 100 gram:

  • Air: 91,8 gram
  • Lemak: 0,37 gram
  • Kalori: 31 kkal
  • Protein: 2,89 gram
  • Karbohidrat: 4,08 gram
  • Kalsium: 5 mg
  • Zat besi: 0,23 mg
  • Magnesium: 10,2 mg
  • Fosfor: 93 mg
  • Kalium: 373 mg
  • Zinc: 0,51 mg
  • Niacin: 3,88 mg
  • Folat: 35 mcg
  • Biotin: 9 mcg
  • Selenium: 20 mcg

Selain itu, kandungan gizi jamur kancing terdiri dari vitamin D, antioksidan, dan beta-glucan.
Seperti yang tercantum di kandungan gizi atas, jamur kancing tinggi akan protein, tetapi rendah lemak dan kalori.
Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk meningkatkan asupan protein apabila Anda tidak mengonsumsi daging.
Manfaat jamur kancing untuk kesehatan tubuh
Manfaat jamur kancing didapat dari nutrisi yang terkandung. Inilah manfaat jamur champignon yang baik untuk kesehatan Anda.
1. Menurunkan risiko kanker
Manfaat jamur champignon bisa Anda dapatkan karena mengandung banyak nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, polisakarida, selenium, dan vitamin C.
Dengan kandungannya tersebut, jamur kancing dilaporkan oleh ahli dapat menurunkan risiko kanker.
Molekul antioksidan berperan dalam mencegah tekanan oksidatif, kondisi yang memicu kerusakan sel akibat radikal bebas berlebih. Tekanan oksidatif dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.
Riset lanjutan masih diperlukan untuk memastikan khasiat jamur kancing ini.
Sebab, kebanyakan studi masih berfokus pada nutrisi yang memang terkandung di jamur kancing, bukan bagaimana efek jamur kancing terhadap risiko penyakit.
2. Mengendalikan kadar gula darah
Polisakarida yang terkandung dalam jamur kancing tak hanya bersifat antioksidan.
Menurut studi, seperti yang dimuat dalam jurnal International Journal of Biological Macromolecule, manfaat jamur kancing dari kandungan polisakarida dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
Selain itu, studi juga melaporkan bahwa polisakarida dalam jamur kancing dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
3. Memelihara kesehatan jantung
Manfaat jamur champignon ini didapat dari kandungan ergothioneine dan beta glucan. Menurut riset terbitan International Journal of Molecular Medicine, beta glucan merupakan jenis serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol.
Sementara itu, ergothioneine juga dilaporkan dapat menurunkan kadar trigliserida. Trigliserida dan kolesterol yang tidak dikendalikan dapat memicu masalah jantung.
Sebagai tambahan, manfaat jamur champignon dari kandungan ergothioneine juga menghambat perkembangan plak di pembuluh darah.
Plak di pembuluh darah dapat menjadi faktor risiko yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke.
4. Menjaga kesehatan usus
Polisakarida, seperti yang terkandung dalam jamur kancing, juga dapat bertindak sebagai prebiotik.
Manfaat jamur kancing yang satu ini mendukung bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan. Jadi, makanan ini juga berpotensi untuk menjaga kesehatan usus.
5. Mengatasi radikal bebas
Manfaat jamur kancing juga dapat mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. Jamur kancing mengandung selenium yang berfungsi sama dengan flavonoid yang dikenal efektif mencegah radikal bebas dalam tubuh.
Radikal bebas dalam tubuh meliputi asap rokok, polusi, alkohol, makanan yang berlemak jahat, dan radiasi elektromagnetik yang dapat menimbulkan penyakit serius dalam tubuh anda.
6. Memperkuat tulang
Manfaat jamur kancing yang satu ini berasal dari kandungan kalsium yang tergolong tinggi.
Selain itu, jamur ini juga kaya akan kandungan Vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang dalam tubuh Anda.
Cara mengolah jamur kancing
Jamur kancing yang segar memiliki masa hidup yang sebentar, yakni 3-4 hari. Oleh sebab itu, jamur ini sering dijual melalui pengalengan, pengeringan, atau pembekuan.
Apabila Anda membeli produk jamur kancing yang dikeringkan, Anda bisa merendamnya dalam air untuk membuatnya kembali basah.
Jamur kancing pun sebenarnya bisa dimasak atau langsung dimakan mentah. Walau begitu, apabila Anda membeli jamur kancing beku atau kaleng, Anda disarankan untuk memasaknya terlebih dahulu.
Beberapa ide untuk mengolah jamur kancing, yaitu:

  1. Mencampurkan irisan jamur kancing mentah ke sepiring salad
  2. Tumis dengan sedikit minyak zaitun, lalu tambahkan bawang putih, rosemary, sedikit garam, dan lada
  3. Mencampurkannya ke dalam adonan telur dadar
  4. Memanggangnya untuk dijadikan camilan sehat
Manfaat Jamur Chanterelle | Manfaat Jamur Kuping | Manfaat Jamur Merang




Bahaya Listrik Blog Buah Buahan & Manfaat nya DOWNLOAD FIRMWARE TV SHARP ESD Control Firmware Harga Mainboard TV LCD-LED Harga mainboard tv sharp Harga Power Supply Jasa Service Dispenser Jasa Service Kulkas Jaksel JASA SERVICE TV LCD PANGGILAN Jasa Service TV Panggilan Jual beli tv led bekas Jual beli tv ruksak Jual Mainboard TV LED Samsung Jual Power Supply TV LCD-LED LG Jual Power Supply TV LED Kacang Kacangan & Manfaat nya Komponen Elektronika Mainboard Mainboard LCD Samsung Mainboard Samsung Manfaat & Khasiat sayuran Manfaat Bunga dan Khasiatnya News Power Supply TV Samsung LED Service Computer Service Mesin Cuci Panggilan Service Panggilan SERVICE PANGGILAN TV LCD SERVICE TV Service TV LCD – LED SERVICE TV LCD JAKARTA TIMUR Service tv led jakarta selatan Service tv led Panggilan Service tv Panggilan Skema Power Supply SPESIALIS SERVICE TV LCD PANGGILAN Tips Dan Trik Tips Info Gadget Tips Kesehatan Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga Tips Merawat Printer Tips multiteknik.net

Cara menyimpan jamur kancing
Langkah-langkah menyimpan jamur kancing yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Letakkan di kulkas, tetapi tidak di tempat khusus sayuran. Sekat tersebut terlalu lembap sehingga membuat jamur cepat rusak.
  • Hindari meletakkan jamur berdekatan dengan makanan berbau tajam. Jamur akan menyerap baunya.
  • Akan lebih baik bila tidak menumpuk makanan lain di atas jamur. Jamur akan terlihat kemis dan tidak tahan lama.
  • Bila ingin menyimpan lebih dari seminggu, sebaiknya jamur dibekukan atau dikeringkan.

Manfaat jamur kancing didapat dari kandungan nutrisinya yang kaya, termasuk molekul antioksidan.
Nutrisi jamur kancing memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Plus, rasanya yang enak cocok untuk Anda santap ke berbagai jenis hidangan.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply