MANFAAT BUAH RAMBUTAN DAN KHASIATNYA

Manfaat buah rambutan dan khasiatnya. Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia. Alasannya, tentu karena buah ini hanya tumbuh di kawasan tropis saja, dan Indonesia adalah salah satunya. Mencari buah rambutan tentu tidaklah sulit. Tidak hanya di pasar tradisional, rambutan juga mudah ditemui di kedai toko buah pinggir jalan, penjual buah keliling, hingga toko buah modern sekalipun. Banyak orang yang enggan mengonsumsi buah ini karena bentuk fisiknya yang terkesan tidak lazim dibanding buah kebanyakan. Tentu saja karena kulitnya yang ditumbuhi banyak rambut. Meski begitu, rambutan menyimpan segudang manfaat. Apalagi, serat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya terbilang tinggi. Sayangnya, hal itu justru jarang disadari banyak orang. Sebagai gambaran, mengonsumsi 5-6 buah rambutan bisa memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian. Untuk mengenal lebih jauh tentang khasiat buah ini, berikut penjelasan mengenai manfaat rambutan untuk kesehatan yang jarang disadari.

Manfaat rambutan untuk kesehatan
Ternyata, buah rambutan mengandung banyak manfaat, lho. Simak 11 manfaat rambutan untuk kesehatan yang jarang disadari berikut ini.

  1. Mencegah penyakit jantung
    Kandungan vitamin C pada rambutan memang terbilang tinggi. Lalu, apa hubungannya dengan penyakit jantung? Salah satu penyebab utama timbulnya penyakit jantung yaitu karena rusaknya dinding pembuluh darah. Peran vitamin C di sini yaitu sebagai pencegah terjadinya kerusakan itu, sehingga risiko munculnya penyakit jantung pun lebih kecil.
  2. Membersihkan dan menjaga fungsi ginjal
    Tidak hanya bisa membersihkan, rambutan juga memiliki manfaat untuk menjaga fungsi ginjal. Ginjal sendiri merupakan organ penting dalam proses detoksifikasi tubuh. Apabila organ ini mengalami gangguan, bukan tidak mungkin racun-racun dalam tubuh akan menyebar dan mengganggu jaringan tubuh lainnya.

Kandungan zat fosfor dalam rambutan memiliki kemampuan dalam menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh. Tentu saja hal itu akan membantu dan mempermudah kerja ginjal dalam proses detoksifikasi.

  1. Meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil
    Morning sickness umum dialami oleh para ibu hamil, khususnya di masa awal kehamilan. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa pusing, mual, dan lemas. Ternyata, buah rambutan bisa menjadi salah satu solusi alami meredakan masalah ini. Kandungan zat besi dalam buah rambutan diyakini bisa meredakannya gangguan tersebut.
  1. Membentuk dan menguatkan tulang
    Susu dikenal baik dalam menjaga kekuatan tulang. Namun, tidak hanya susu yang memiliki manfaat itu. Kamu pun bisa mengonsumsi rambutan untuk membantu hal itu. Kandungan zat fosfor yang terdapat di dalamnya, ternyata baik dalam proses pembentukan dan menjaga kesehatan tulang.
  2. Mengatasi hipertensi
    Hipertensi atau darah tinggi bisa menjadi awal pemicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Salah satu solusi alami untuk mengatasi gangguan ini yaitu dengan memenuhi kebutuhan harian vitamin C. Seperti pembahasan di awal, kandungan vitamin C dalam buah rambutan terbilang tinggi, sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang mengalami masalah hipertensi.
  1. Sumber energi tambahan
    Meskipun sumber energi bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen, namun sumber energi alami dari buah-buahan adalah salah satu yang terbaik. Agar energi tubuh tetap terjaga, kamu bisa mengonsumsi buah yang kaya akan karbohidrat dan protein tinggi. Salah satu buah yang memiliki kedua kandungan tersebut diantaranya adalah rambutan.
  2. Meningkatkan metabolisme
    Tak hanya kaya akan vitamin C, buah rambutan juga mencakup vitamin B. Salah satu peran penting vitamin B yaitu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkat dan terjanganya metabolisme, maka kamu akan lebih bertenaga dan siap menjalani beraktivitas.
  1. Menurunkan berat badan
    Serat memiliki peran penting dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh. Tidak hanya serat, kandungan protein dalam rambutan juga membuat efek kenyang terasa lebih lama. Dengan begitu, kamu pun tidak mudah merasa lapar dan lebih mudah mengontrol nafsu makan. Hal itu tentu sangat baik bagi kamu yang sedang menjalankan program diet atau penurunan berat badan.
  2. Menjaga kesehatan kulit
    Sudah menjadi rahasia umum jika vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting bagi kulit. Peran vitamin C di sini yaitu membantu meningkatkan produksi kolagen. Di mana, kolagen merupakan salah satu kandungan yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu saja, kolagen juga berfungsi dalam meminimalisir risiko penuaan dini akibat radikal bebas.
  3. Mencegah risiko kanker
    Tidak banyak yang tahu jika buah seperti rambutan bermanfaat sebagai pencegah kanker. Zat anti kanker di dalamnya diyakini mampu menghalau pertumbuhan sel penyebab pertumbuhan kanker. Dengan begitu, risiko munculnya kanker pun bisa dihindari sedini mungkin.
  1. Baik untuk kualitas sperma pria
    Kualitas sperma sangat penting bagi kesuburan pria. Untuk meningkatkan kualitas sperma, kamu bisa coba mengonsumsi buah rambutan. Pasalnya, kandungan vitamin C pada rambutan berguna untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria.

Itulah manfaat rambutan untuk kesehatan yang jarang disadari. Bagaimana? Kini kamu jadi lebih tahu bukan tentang manfaat buah ini? Ternyata, buah yang umum dijumpai dan sering disepelekan seperti rambutan memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, ya. Bagi kamu yang ingin membeli buah rambutan, buah yang satu ini bisa kamu temukan di

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Leave a Reply