MANFAAT BUAH DELIMA UNTUK IBU HAMIL

Manfaat buah delima untuk ibu hamil Ada banyak manfaat buah delima untuk ibu hamil. Selain mampu meningkatkan imunitas tubuh, konsumsi buah delima juga mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut, menurunkan tekanan darah, serta mencegah cacat lahir.

Manfaat buah delima untuk ibu hamil diperoleh berkat kandungan nutrisi penting di dalamnya. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi vitamin C, vitamin K, folat, antioksidan, dan kalium.

Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Bumil petik dari buah delima:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C pada buah delima bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Selain itu, kandungan antioksidan pada buah ini juga cukup tinggi, bahkan 3 kali lebih banyak daripada anggur merah dan teh hijau. Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas, sehingga turut berkontribusi terhadap peningkatan imunitas tubuh.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Manfaat buah delima untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ibu hamil lebih rentan untuk mengalami gigi berlubang dan masalah gusi. Padahal, kesehatan gigi dan gusi yang buruk selama kehamilan dapat menyebabkan banyak permasalahan, mulai dari preeklamsia hingga kelahiran prematur

3. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi adalah salah satu masalah kehamilan yang bisa terjadi dan berdampak fatal bagi ibu maupun janin. Kandungan kalium yang terdapat pada buah delima mampu membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi kadar garam berlebih dalam tubuh dan melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah.

Meski begitu, konsumsi makanan yang mengandung kalium saja tidak cukup. Bumil juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan agar tekanan darah selama kehamilan tetap normal.

4. Mencegah cacat lahir
Selain meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, kandungan antioksidan pada buah delima juga berperan dalam mencegah cacat lahir pada bayi. Tak hanya itu, buah ini juga merupakan sumber asam folat yang sangat penting dalam pertumbuhan mendukung tumbuh kembang janin.

Mencukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan terbukti dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat. Jadi, kombinasi antioksidan dan asam folat pada buah delima membuat konsumsi buah ini saat hamil cukup disarankan guna mencegah terjadinya cacat lahir.

Keamanan Konsumsi Buah Delima Beserta Biji-Bijinya
Buah delima dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai jus buah. Daging buah ini termasuk unik karena berbentuk butiran-butiran kecil dan masing-masing butiran mengandung biji. Hal ini menimbulkan pertanyaan, “Amankah jika buah ini dikonsumsi bersama dengan biji-bijinya?”

Jawabannya adalah aman-aman saja. Malahan, biji delima juga mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin E dan serat, yang baik untuk kesehatan. Namun, ibu hamil yang menderita sembelit kronis perlu berhati-hati, karena konsumsi buah delima beserta biji-bijinya dapat meningkatkan risiko terjadinya obstruksi usus.

ALT

Manfaat buah delima untuk ibu hamil memang beragam, tetapi Bumil tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Meski jarang terjadi, beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi, seperti gatal, pembengkakan, dan sesak napas, setelah mengonsumsi buah delima.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply