MACAM MACAM BUAH KURMA DAN KASIATNYA

Macam Macam Buah Kurma dan Kasiat nya Ketika pertama kali kita berbuka puasa maka di sunahkan memulai dengan makan yang manis-manis, Salah satunya adalah Kurma seperti yang diajarkan nabi Muhammad SAW. Ternyata buah yang berbentuk bundar
silinder berwarna coklat tua ini memiliki khasiat dan kegunaan yang lumayan bagus untuk tubuh kita. Pengen tau penjelasan lebih lanjut tentang buah kurma ini ?
ALTKurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat.

Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran sirup gula dan madu. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena karakteristik tersebut, kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.

Macam Macam buah kurma paling populer
kurma ajwaKurma Ajwah, Kurma ini merupakan buah yang asli dari kota Madinah, Saudi Arabia. Salah satu kurma yang paling manis dan kabarnya buah kurma yang satu ini merupakan buah favorit para Nabi.

Kurma Amir Haji atau Amer Hajj, Buah yang satu ini berasal dari negara Irak. Salah satu jenis kurma yang mempunyai kulit dan daging lembut dan tebal ini sering juga disebut dengan ( welcome kurma ) karena biasanya hanya dihidangkan untuk menyambut kedatangan tamu terhormat.

Kurma Deglet Noor, Seperti dengan namanya ( Noor ), kurma mempunyai warna yang kuning keemasan seperti warna matahari ketika dipandang dari bumi. Kurma ini merupakan salah satu jenis kurma unggulan yang berasal dari Libya, Algeria, Amerika dan Tunisia.

Kurma Holwah atau Halawi, Dalam bahasa asalnya yaitu Arab ( Holwah ) berarti manis. Kurma yang satu ini terkenal dengan rasanya yang sangat manis. Ukuran buah kurma ini beragam dari kecil hingga besar tergantung dengan kesuburan pohon kurma.

Kurma Mozafati, Kurma yang berasal dari Mozafati ini umumnya berwarna gelap bertekstur lembut dan mempunayi ukuran yang sedang. Kurma jenis yang satu ini mampu bertahan lama ketika disimpan.
Kandungan nutrisi buah kurma

Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.

Khasiat buah kurma

1.Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.

2.Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.

3.Sagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

4.Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.

5.Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

6.Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.

7.Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

8.Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.

9.Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.

10.Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.

11.Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.

12.Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Kalau begitu, betul sekali anjuran Nabi Muhammad untuk mengawali berbuka puasa dengan tiga butir kurma.Cukup sekian semaoga bermanfaat buat anda.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

One comment

Leave a Reply