KODE ERROR MESIN CUCI SAMSUNG

Kode Error Pada Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya – Pada saat ini sebagian pengguna mesin cuci lebih memilih menggunakan mesin cuci otomatis.

Penggunaan mesin cuci otomatis memiliki kelebihan dalam pengoperasiannya bisa melakukan cuci bilas kering dalam satu perintah sehingga kita bisa melakukan kegiatan lain selagi mesin cuci bekerja sampai proses mengering.

Ada 2 tipe mesin cuci Otomatis yaitu jenis bukaan atas (top loading) dan bukaan depan (fron loading). Untuk sebagian merk jenis frond loading sudah dibekali juga pemanas sehingga pakaian yang selesai dicuci akan benar – benar kering.

Pada menu mesin cuci otomatis terdapat juga banyak mode pengaturan yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan Anda untuk jenis kain, volume air, cuci bilas atau hanya mengeringkan saja dan waktu juga bisa kita atur.

Salah satu merk ternama yaitu Samsung membuat mesin cuci top loading Samsung dan mesin cuci front loading samsung yang memiliki body dari metal yang kokoh dan kualitas mesin yang bagus.

Namun seiring lama pemakaian atau penggunaan yang tidak benar kadang terjadi kendala dimana mesin tidak beroperasi secara normal.

Jenis mesin cuci front loading memiliki sistem elektronik yang lebih canggih sehingga ketika terjadi error kita akan melihat kode di monitor modul dari mesin cuci ini.

Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya
Kali ini Kami akan memberikan informasi penjelasan kode error mesin cuci top loading Samsung maupun fornt loading beserta saran yang harus Anda lakukan.

Kode 1E
Ini adalah Kode error untuk sensor water level. Sensor water level ini berfungsi untuk mengatur level volume air dan terjadi error maka jika tidak ditindak lanjuti air akan terus mengisi tabung mesin cuci.

Untuk mengatasi Kode error 1E pada mesin cuci Samsung ini adalah dengan cara Anda bisa melakukan pengecekan Water level sensor yang berada disamping tabung.

Kode 4C
Kode error 4C ini muncul disebabkan oleh tidak ada air yang masuk ketabung mesin cuci. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal.

Untuk mengatasi Kode error 4C pada mesin cuci Samsung ini adalah dengan mengek sumber air, bisa jadi Anda lupa membuka kran air, kemudian cek tekanan air apakah cukup kuat untuk diterima sensor mesin cuci.
Cek juga apakah terjadi sumbatan pada filter air menuju inlet.

Kode 4C2
Kode 4C2 ini muncul sebagai perlindungan terhadap pakaian apablia air yang masuk memiliki suhu yang panas dan dikhawatirkan bisa merusak bahan pakaian Anda.

Kode 4E
Jika muncul kode “4E” pada monitor mesin cuci, ini artinya adalah Water Supply Error atau ada masalah pada suplai air ke dalam mesin cuci.

Pertama Anda bisa melakukan pengecekan pada kran sumber air, kemungkinan kita lupa membuka keran air atau memang tekanannya terlalu kecil.
Jika tidak ada masalah silahkan cek filter air dimesin cuci menuju inlet jika masih muncul kode kemungkinan inlet Anda yang bermasalah.

Inlet yang bermasalah tidak dapat membaca air yang masuk sehingga mesin cuci tidak bisa beroperasi meskipun air level volume air sudah memenuhi tabung. Jika ini terjadi jalan satu – satunya harus dilakukan penggatian.
Kode 5C
Kode error 5C ini disebakan air tidak mengering atau tidak terbuang sempurna.

Untuk mengatasi Kode error 5C pada mesin cuci Samsung ini adalah dengan cara melakukan pengecekan pada sistem pembuangan.

Lakukan pengecekan posisi pada selang pembuangan dan bersihkan jika ada kotoran yang menyumbat.

Kode 5D
Kode error mesin cuci samsung 5D disebabkan kendala pada pompa pembuangan yang tidak bekerja. Silahkan melakukan pengecekan pompa motor pembuangan apakah ada kabel yang lepas.

Lakukan pengecekan juga pada saluran pembuangan menuju motor pompa apakah ada benda yang tersangkut pada pompa tersebut.saluran pembuangan tersendat.
Pastikan apakah koneksi kabel motor drain/pengering sudah benar, dan periksa kabel apakah ada kabel yang terputus.

Cek air yang Anda gunakan, suhu air yang terlalu panas kadang juga mempengaruhi kinerja pompa. Dan pastikan juga kabel pada dinamo pengering terpasang dengan benar.

Kode 5E
Kode error 5E ini memiliki arti Drain Error atau error saat melakukan proses mencuci bilas. Biasanya ini terjadi karena ada penyumbatan sehingga air tidak bisa keluar dengan sempurna.

Silahkan melakukan pengecekan pada selang, cek filter pembuangannya dan bersihkan jika terdapat banyak kotoran.

Kode DC
Kode error DC mesin cuci samsung ini akan muncul ketika Anda melakukan pengoperasian dalam mode spin atau pengering namun pintu masih dalam keadaan terbuka.

Jadi biasakan menekan tombol stop terlebih dahulu kemudian cek apakah ada pakaian yang terjepit pada pintu, masukan pakaian secara benar dan tutup rapat pintu kemudian mulai kembali mesin cuci Anda.

Kode DE
Kode DE peringatan ini akan muncul apabila ada masalah pada pintu mesin cuci. coba buka dan tutp kembali pintu dengan rapat, apabila masih muncul kode ini maka lakukan pengecekan pada switch pintu.

Siapkan avometer untuk melakukan pengecekan pada switch atau saklar pintu jika tidak ada arus bisa jadi kabel putus.

Kode LC / LC1
Ketika muncul kode ini secara otomatis mesin cuci akan menguras air selama 3 menit, dan ketika proses ini berjalan tombol power sementara tidak akan berfungsi.

Kode error ini bisa diakibatkan dari selang pembuangan. Pastikan selang pembuangan berada pada tempat yang lebih rendah dan tidak terjadi penyumbatan

Kode LE / LE1
Kode Water Leakage Error memiliki beberapa kemungkinan. Kode ini muncul bisa dikarenakan oleh pemberian deterjen yang terlalu banyak, selang yang terlepaas, atau penutup filter di pompa pembuangan yang lepas.

Kode OE / OF
Kode OE Overflow Error yang muncul kemungkinan terjadi dimana alat sensor water level tidak bekerja, hal ini yang menyebabkan air yang masuk terus mengalir.

Selain itu hal ini juga bisa terjadi karena pembuangan yang tidak lancar.

Kode HC
Kode HC atau Heater Control kesalahan pada kontrol pemanasan. Anda bisa melakukan pembersihan pada tempat filter kondensor.

Kode SUD
Kode SUD (Foaming Detected) adalah tanda bahwa busa sabun terlalu banyak. Jika kode ini muncul kita cukup membiarkan mesin cuci tetap bekerja karena setelah pembilasan pertama busa akan hilang dengans sendirinya.

Kode UC
UC adalah kode Power Error yang akan muncul ketika tegangan tidak stabil.

Jadi ketika tegangan tidak stabil maka mesin cuci akan melakukan protek atau pause untuk melindungi mesin dari kerusakan dan memunculkan kode “UC”.

Jika tegangan listrik kembali stabil maka mesin cuci akan kembali beroperasi.
Kode UB
Kode error ini muncul disebabkan oleh pengering yang tidak berfungsi. Langkah yang harus dilakukan adalah uraikan dan tata kembali cucian Anda. perhatikan juga letak mesin cuci, letakkan pada permukaan yang datar.

Kode UE
Kode UE Unbalance Error ini muncul disebabkan oleh masalah keseimbangan. Langkah yang harus dilakukan adalah tekan tombol stop, kemudian cek pada kaki – kaki mesin cuci pastikan dalam kondisi rata.

Kemudian buka tutup mesin cuci dan cek apakah cucian menggumpal, jika ini terjadi uraikan tutup mesin cuci dan mulai operasikan kembali.

Default image
Admin

multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Bagi yg ingin membuat website atau Blog silahkan hubungi kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Leave a Reply