KERUSAKAN TV PLASMA SUARA ADA GAMBAR BLANK

KERUSAKAN TV PLASMA SUARA ADA GAMBAR BLANK Kerusakan seperti ini merupakan kerusakan yang sering dijumpai ditelevisi jenis LCD, LED dan plasma. Sebelum admin menulis lebih jauh, baiknya admin beritahukan bahwa kali ini hanya akan membahas mengenai garis besar kerusakan secara umum. Dalam artian tidak akan dijelaskan secara mendetail, seperti misalnya tertuju pada salah model tertentu dan dibahas penyelesaiannya secara teknis. Alasan dibuat seperti ini karena garis besar cara kera serupa hanya berbeda sedikit saja antara produk yang satu dan lainnya.
Berikut admin sampaikan dahulu gambaran mengenai jenis-jenis layar yang digunakan:
JENIS TV LCD DAN LED. Dari kedua jenis televisi ini sebenarnya panel layar gambar yang digunakan hampir serupa. Keduanya masih menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Display), artinya gambar yang dibentuk dilayar LCD masih membutuhkan penerangan dibelakang layar agar gambar dapat dilihat oleh mata. Perbedaan dari keduanya yakni penggunaan jenis lampu yang digunakan untuk menerangi. LCD mengunakan lampu ccfl (lampu fluorescent) yang membutuhkan tegangan kerja tinggi, sedangkan LED menggunakan lampu LED yang bereoperasi pada tegangan rendah. Dari segi efisiensi daya tentu jenis LED lebih hemat.

JENIS TV LAYAR OLED. Teknologi OLED merupakan teknologi yang paling baru saat ini. OLED sendiri singkatan dari Organic Liquid Emitting Diode artinya organik, layar tersebut dapat menyala sendiri. Tanpa bantuan penerangan dibelakang layar gambar sudah dapat dilihat oleh mata. Sel-sel LED dari layar tersebut menyala sesuai dengan data yang telah dikirimkan oleh motherboard sehingga membentuk gambar.

JENIS TV LAYAR PLASMA PDP atau Plasma Display Panel. Hampir serupa dengan layar OLED, hanya saja untuk menghidupkan sel-sel layar membutuhkan tegangan tinggi berpulsa. Sehingga sistem rangkaian pendukung agar layar plasma dapat bekerja pun menjadi berbeda dengan tv lcd atau led.

Dari keempat jenis layar diatas masih dibedakan lagi mengenai resolusi layar yakni kerapatan sel/ piksel yang dimiliki layar sehingga mampu menampilkan format gambar dalam resolusi tertentu. Contoh adalah VGA, HD , FHD(1K), QHD(2K) dan UHD (4K) dan lainnya. Namun untuk ini tergantung dari model dan produsen yang membuat layar itu sendiri.

Kembali ke judul, kerusakan tv lcd led oled plasma ada suara tidak ada gambar akan admin electoro esse bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan pengalaman yang pernah dijumpai. Yang paling sering adalah televisi sedang ditonton kemudian layar tiba-tiba mati dan televisi ketika dihidupkan gambar tidak tampil sedangkan suara ada.

TV LCD LED.
Gambar ada tetapi layar ada gangguan bergaris vertikal atau horisontal. Kerusakan pada panel layar. Kerusakan panel layar bisa terjadi pada semua jenis LCD LED. Umumnya ditandai dengan gambar bergaris vertikal atau horisontal. Pada model tertentu gejala seperti ini masih dapat diperbaiki.
Gambar tidak ada hanya putih polos. Tiga kemungkinan yang menyebabkan adalah panel layar rusak, timing control panel dan pendukung tidak bekerja normal, motherboard rusak. Kerusakan seperti ini jika buka karena layar yang rusak maka masih bisa diperbaiki. Jika yang rusak layar maka harus ganti layar dan yang membuat sulit adalah harganya yang mahal.

Gambar cacat atau klise. Dua penyebab yang sering dijumpai yaitu kesalahan/data sofware yang berubah sehingga harus disoftware ulang, kerusakan bagian timing control panel layar.
Layar tampak hitam atau gelap. Kerusakan seperti ini umumnya dikarenakan lampu penerangan backlight tidak bekerja. Pada panel model tertentu dikarenakan timing control tidak bekerja normal. Bisa juga dikarenakan motherboard rusak. Untuk memastikan dimana penyebab kerusakan, layar dapat diberikan penerangan sementara.
Layar putih polos perlahan gambar ada atau sebaliknya. Umumnya disebabkan oleh kerusakan bagian timing control layar dan panel layar itu sendiri.

TV PDP PLASMA
Layar tampak gelap. Pada plasma jika gelap maka dapat dipastikan bahwa layar tidak bekerja. Bisa disebabkan oleh blok pendukung seperti Ysustain Zsustain atau Xsustain tidak bekerja. Blok Xsustain kebanyakan model menjadi satu dengan pnel PDP itu sendiri, sedangkan Ysustain dan Zsustain dibuat terpisah.

Gambar ada dengan satu blok hitam mendatar dilayar (horisontal). Umumnya dikarenakan kerusakan ysustain atau ybuffer. Bisa juga kerusakan pada layar PDP itu sendiri.

Gambar ada dengan gangguan vertikal. Umumnya dikarenakan kerusakan Xsustain dan korosi pada panel PDP. Kerusakan jenis ini sangant sulit untuk diperbaiki.

Gambar tampak klise dan tidak ngejreng. Kerusakan dibagian Ysustain dan Zsustain yang kekurangan daya.
Demikian Penjelasan yang sangat singkat sekedar untuk patokan lagi service saja semoga bermanfaat.

Posted in Kerusakan tv lcd-led dan plasma and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *