FUNGSI SUMBER MINERAL PADA TUBUH

Funsi sumber mineral pada tubuh.Memiliki tubuh yang sehat dan bugar di masa pandemik seperti saat ini tentu menjadi suatu keharusan. Karenanya, menjaga tubuh dengan mengkonsumsi nutrisi atau asupan gizi yang tepat sangat dianjurkan guna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Diantara nutrisi itu, mineral salah satunya.

Ya, setidaknya tubuh kita memerlukan 6 jenis nutrisi setiap harinya agar tidak mudah sakit. Salah satunya adalah mineral. Mineral merupakan bahan-bahan anorganik (tak hidup). Tubuh kita sangat membutuhkan mineral untuk pertumbuhan dan proses metabolisme dalam sel tubuh mulai dari rambut, kulit, tulang hingga sel darah.

Mineral juga meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Jika tubuh kita kekurangan mineral maka bisa mengganggu proses metabolism tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan seperti osteoporosis, anemia, mudah lelah, kulit kering, rambut rontok, hingga masalah keseimbangan hormonal.

Seperti halnya vitamin, mineral juga bisa langsung diserap tubuh tanpa harus melalui proses pencernaan. Ada beberapa macam mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh setiap harinya, diantaranya:

Kalsium. Kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, serta membantu kerja otot dan saraf. Sumber dari kalsium ini berasal dari telur, sayur, dan kedelai.

Fosfor. Bagi tubuh, fosfor berfungsi untuk membantu meningkatkan kerja otot dan perambatan impuls saraf. Sumber fosfor berasal dari daging, gandum, dan keju.

Kalium. Kalium berfungsi sebagai kesetimbangan air dalam sel, mempercepat pengantaran impuls rangsang pada saraf. Adapun sumber kalium bisa berasal dari pisang, kentang, daging, dan jeruk.

Natrium. Natrium berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, mempercepat hantaran rangsang ke neuron. Sumber dari nartium ini berasal dari daging, garam, susu, keju, dan wortel.

Besi.Besi berfungsi sebagai penyusun utama sel hemoglobin. Dimana, sumber besi ini bisa didapatkan dari bayam, daging merah, kacang, maupun telur.

Lodium. Iodium berfungsi pada kelenjar tiroid dan merangsang metabolism dalam tubuh. Iodium ini bisa didapatkan dari ikan laut dan garam beryodium.

Seng. Seng berperan dalam imunitas, anti kanker, dan mempercepat penyembuhan luka. Adapun seng ini dapat ditemukan dalam gandum dan kacang-kacangan.

Default image
Admin
multiteknik.net Salah satu usaha dibidang service tv led & Computer Panggilan. Moto Kepercayaan Anda Modal Utama Kami. Mobile:+62814 1119 1466 / +62877 8866 8846 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Masukan email aktif untuk download firmware tv yg anda butuhkan

Leave a Reply