DAMPAK POLUSI UDARA PADA ANAK YANG HARUS DIWASPADAI

Dampak Polusi Udara Pada anak Kecil yang harus diwaspadai. Dampak polusi udara tak hanya berbahaya untuk orang dewasa, tapi juga bisa berdampak negatif pada anak. Apalagi jika Anda dan si kecil tinggal di kota besar.
ADVERTISEMENT

Di kota-kota besar, kualitas udara tampaknya jadi perhatian yang cukup serius. Jakarta saja misalnya, pernah dinobatkan sebagai kota dengan kualitas udara terburuk dunia menurut AirVisual. Banyaknya polusi di perkotaan harus Anda waspadai untuk kesehatan keluarga terutama anak!
Kualitas udara yang buruk bukan hanya membuat anak tak nyaman, namun juga dapat memberikan efek bagi kesehatannya. Apa saja bahaya polusi bagi kesehatan anak yang harus diwaspadai? Berikut beberapa di antaranya.
1. Infeksi saluran pernapasan
Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan di Intech Open, polusi dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan dan saluran cerna. Padahal, kedua organ tersebut vital untuk perkembangan si kecil.
Bahkan, anak yang terpapar polusi memiliki tingkat risiko hingga dua kali lebih tinggi terkena infeksi saluran nafas atas (ISPA).
ADVERTISEMENT

2. Iritasi kulit dan mata
Polusi ternyata juga memberikan efek negatif untuk bagian luar tubuh anak. Salah satunya adalah iritasi kulit dan mata.
Beberapa jenis polutan udara bisa membuat kulit kering, pori-pori tersumbat, timbul pigmentasi pada kulit, hingga mata kering.
3. Menurunkan kemampuan kognitif
Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh polusi terhadap kinerja kognitif. Dalam jangka panjang, dampak tersebut dapat memengaruhi jenjang pendidikan bahkan karier anak di masa depan.
Apalagi, di golden age atau masa emas anak, perkembangan kognitifnya sangatlah pesat. Karena itu tindakan pencegahan harus Anda lakukan agar meminimalisir dampak polusi bagi si kecil.
4. Penyakit kronis
Polusi dalam level yang sudah sangat berbahaya bisa menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, jantung, dan stroke, seperti dilansir laman Badan Kesehatan Dunia (WHO). Asap berbahaya tersebut bisa disebabkan oleh kebakaran hutan masif hingga dari asap rokok.
ADVERTISEMENT
Nah oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan pencegahan agar anak terhindar dari dampak buruk polusi udara. Misalnya saja dengan menghijaukan lingkungan rumah dan sekitarnya dengan tanaman yang dapat menangkal polusi seperti lidah buaya, lidah mertua, lili paris, hingga palem bambu.
Jika Anda melewati daerah dengan polusi tinggi, siapkan masker untuk Anda dan anak agar udara kotor tak terhirup.

Baca Juga: Cara Mencega Penularan Virus

Menjaga daya tahan tubuh anak juga sangat penting. Anak dengan daya tahan tubuh sehat dapat melawan infeksi serta risiko lainnya yang disebabkan oleh polusi. Karenanya, terapkan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi, olahraga, dan istirahat cukup.

Dalam menyediakan makanan sehat anak, Anda juga bisa tambahkan Nutrilon Royal Actiduobio+. Susu tersebut mengandung berbagai nutrisi diantaranya LCPUFA (Omega 3 & 6) dan probiotik FOS:GOS 1:9 yang terbukti klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.
Jadi, yuk tingkatkan imunitas anak, agar ia tetap sehat dan bisa belajar dengan maksimal.

Posted in Tips Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *