Cara Merawat Pompa Celup

Cara Merawat Pompa Celup Banyak orang yang menggunakan pompa celup untuk berbagai macam keperluan tetapi tidak tau cara perawatannya. Pompa celup merupakan salah satu bagian dari berbagai macam pompa yang ada. Pompa ini juga banyak dimanfaatkan karena mempunyai banyak kelebihan. Sayangnya, tidak bisa kotor bukan salah satunya. Jadi, Anda butuh cara membersihkan dan merawat pompa celup.

Jadi, pompa celup adalah jenis yang biasanya digunakan untuk mendorong sumber air ke permukaan. Hal ini karena pompa mempunyai komponen yang berbeda dengan jenis lainnya. Ada impeller yang memang memutar dalam casing. Hal ini dapat menghasilkan listrik untuk menjalankan mesin. Pompa yang satu ini banyak digunakan dalam akuarium atau juga irigasi pertanian.

Untuk Anda yang mempunyai pompa celup, pastinya sudah tahu langkah perawatan yang tepat untuk dilakukan. Dengan rajin membersihkan dan memberikan perawatan pada pompa. Maka, alat yang satu ini juga dapat dimanfaatkan dengan baik. Pastinya, akan tahan lama untuk digunakan karena selalu dibersihkan untuk menghindari banyaknya kotoran yang menumpuk.

1. Bersihkan komponen kontrol

Langkah mudah yang dapat dilakukan jauh lebih dulu adalah membersihkan komponen untuk panel control yang ada. Anda dapat mengetahui letak panel control jauh lebih dulu. Jika sudah, ketahui langkah untuk pembersihan. Anda harus memutus suplai tegangan sebelum membersihkan. Jika sudah, lakukan pembersihan menggunakan cotton bud. Jangan sampai masih ada kotoran.

Setelah membersihkan bagian ini, Anda dapat memeriksa pemasangan kabel yang ada. Pastikan semua kabel di pompa sudah tersambung dengan baik agar tidak berbahaya. Anda dapat mencatat semua komponen yang ada pada bagian kontrol ini. Tulis kondisi terkini dan jangan lupa ambil potret jika ada masalah tertentu pada alat.

2. Bersihkan impeller

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan impeller yang ada. Pastikan kalau pompa sudah tidak bekerja. Anda dapat menurunkan MCB untuk melakukan pemeriksaan. Selain itu, Anda juga dapat melihat kinerja dari MCB dengan melihat dari setting timer. Anda dapat masuk ke dalam tangki air dan periksa putaran impeller pada pompa. Langsung bersihkan saja.

3. Pasang baut

Dalam cara membersihkan dan merawat pompa celup, Anda harus melakukan langkah lainnya dengan memasang baut yang ada pada pompa. Jangan biarkan ada baut yang kendor karena dapat menyebabkan masalah lainnya. Pastikan kalau Anda mengencangkan semua baut pada pipa. Anda dapat menggunakan kunci inggris atau kunci pipa untuk menghindari masalah.

4. Periksa kebocoran

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memeriksa kebocoran pada pompa. Anda dapat lihat pada bagian casing. Jangan sampai ada beberapa retak atau bagian lecet pada pompa. Anda harus memperbaiki pompa jika masalah ini terjadi. Masalah ini dapat menyebabkan air masuk ke dalam motor pompa dan bocor.

5. Cek koneksi kabel

Langkah selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan adalah mengecek kondisi kabel terendam. Anda dapat melepaskan sambungan kabelnya jauh lebih dulu. Jika sudah, sambungkan kembali untuk memastikan kabel kencang. Naikkan kembali MCB untuk tekanan pompa.

Itulah beberapa cara membersihkan dan merawat pompa celup. Dengan menggunakan langkah seperti ini, Anda dapat menjaga kualitas pompa. Jadi, tidak harus memperbaiki secara terus menerus karena dapat digunakan secara normal. Cek saja produk dan solusi berkualitas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.