BEDANYA TV DIGITAL SAMA TV ANALOG

Bedanya tv digital sama tv analog.Sebab, tidak semua tv led,lcd merupakan tv digital. Tapi, pesawat televisi itu mesti memiliki chip khusus yang bisa digunakan untuk menangkap siaran tv digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana untuk melakukan penghentian siaran televisi (tv) analog atau Analog Switch Off (ASO) dan akan mengalihkannya ke siaran tv digital mulai April 2022.

TV Digital
Meski memiliki embel-embel nama digital, namun tv digital tidak sama dengan tv kabel. Sebab TV kabel menerapkan biaya langganan. Selain itu, tv kabel harus menggunakan parabola untuk bisa menangkap siaran. Set top box yang digunakan tv kabel pun berbeda teknologi dengan set top box pada tv digital.

Sebagai catatan, set top box tv digital hanya digunakan sebagai perangkat tambahan untuk tv analog saja. Sementara pesawat tv yang sudah memiliki chip digital, tak perlu lagi ditambahkan set top box. Pesawat tv macam ini bisa otomatis menerima siaran tv digital.

TV digital juga tidak sama dengan layanan streaming video menggunakan smart TV yang membutuhkan koneksi internet. Meski demikian, smart tv biasanya sudah bisa menerima siaran tv digital. Namun, untuk memastikan, perlu dicek apakah tersedia pilihan DTV saat melakukan pencarian saluran (channel) tv.
Sebab, ciri utama TV Digital ialah memiliki sistem pemancar DVB-T/T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial generasi kedua) di dalamnya, yang merupakan pengembangan dari standar digital DVB-T yang merupakan generasi pertama.

Dengan adanya chip ini, maka pesawat televisi bisa menangkap dan menerjemahkan sinyal tv digital menjadi gambar dan suara di televisi.

Kehadiran chip DVB-T2 ini bisa diketahui dengan mudah dengan melihat spesifikasi pesawat TV, apakah memang sudah dilengkapi chip ini atau tidak. Sebab, banyak standar tv digital lain yang digunakan di dunia. Tapi, Indonesia menggunakan standarisasi DVB-T2.

Cara lain untuk mengetahui apakah pesawat tv sudah dilengkapi dengan chip tv digital adalah lewat fitur pencarian siaran.

Caranya:

Pilih Menu
Pilih Channel/ Saluran

Jika ada pilihan DTV berarti pesawat TV Anda bisa menerima sinyal siaran digital. Jika hanya ada pilihan ATV, berarti TV Anda masih analog.
Jika Anda memiliki TV analog, maka perlu ditambahkan set top box yang akan berfungsi sebagai “penerjemah” sinyal TV digital agar bisa ditayangkan di TV analog.

TV digital memiliki kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibanding TV Analog dikarenakan pancaran sinyal digital relatif stabil dan tidak menurun.

Gambar pada siaran tv digital juga tidak akan bersemut atau berbintik jika sinyal yang diterima lemah.

Sebab, sinyal tv digital hanya mengenal kondisi diterima (1) atau tidak diterima (0) sinyal. Selama sinyal bisa diterima receiver, gambar dan suara konten siaran dapat dinikmati dengan jernih. Gambar dan suara tidak tampil sama sekali jika sinyal tak diterima.

Default image
Admin

multiteknik.net Salah Satu Situs Penyedia Jasa Service Panggilan Workshop: Tangerang Selatan Cabang Jakarta Selatan 12450 Email: info@multiteknik.net

Newsletter Update

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.