BAGAIMANA CARA KERJA IC MEMORY PADA TELEVISI

Bagaimana Cara Kerja ic Memory Pada Televisi Saat kita menghidupkan televisi pertama, maka IC program akan bekerja untuk mengcopy (membaca)data/isi yang ada di IC memory, misalnya berapa jumlah chanelnya, berapa vertikalnya, berapa volumenya dan lainnya. Kemudian pada saat televisi di matikan, maka ic memory akan menyimpan datanya meski telah mengalami perubahan atau tidak. Namun ada beberapa masalah yang kadang di alami saat proses writing data tiba-tiba televisinya mati, apa ini bisa menyebabkan proses writing tadi gagal…? Ya…tentu saja, karena data yang tersimpan ke dalam memory masih belum sepenuhnya rampung (data coruruption). Otomatis anda harus mengulangnya kembali jika ic memory masih bisa bekerja. Tapi jika ic memory juga ikut rusak, maka anda harus menggantinya dengan yang baru. IC memory bisa di katakan komponen yang sangat sensitif di banding komponen lain.

Apakah akibatnya kalau korupt data pada IC memory…?,

Tentunya semua sistem program akan kacau balau, IC Stereo tidak akan bekerja, Tuner juga demikian dan kinerja komponen lain juga akan berhenti. Biasanya hal ini akan di tunjukkan dengan menyalanya lampu led (jika tv mempunyai sistem proteksi) dan itu menandakan semua sistem dalam keadaan error

Jika kerusakan di terdapat pada ic memory khususnya tv sharp, biasanya ditandai dengan TV nyala sebentar kemudian mati disertai lampu led blinking atau berkedip. Jumlah kedipan led tersebut itu biasanya menunjukan part yang tidak bekerja atau ada kerusakan dan bisa pula salah setting .
Perlu saya ingatkan disini bahwa jika anda akan melakukan setting sebaiknya catat dulu data sebelumnya agar jika ada kesalahan dalam melakukan settingan anda bisa mengambalikan ke posisi semula/default. Cukup sekian semoga bermanfaat buat anda.

Posted in Komponen Elektronika, Tips Dan Trik and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *