APA ITU ANDROID TV BOX BAGAIMANA CARA KERJANYA




Apa itu android tv box Bagaimana cara kerjanya. Bila mendengar kata ‘Android’, kebanyakan orang pasti merujuk pada sebuah operating system yang ada pada perangkat mobile.
Namun, Android sebagai sebuah OS pun kini merambat ke bidang streaming, khususnya streaming di TV.Dalam artikel kali ini, kita membahas tentang apa itu Android TV Box, cara kerja Android TV Box itu sendiri beserta 3 rekomendasinya yang bisa Anda dapatkan sekarang juga.

Apa itu Android TV Box?
Android TV Box atau yang dikenal pula dengan istilah Android streaming box adalah sebuah perangkat berbentuk kotak yang ditenagai oleh OS Android dan secara umum digunakan sebagai platform streaming di TV dari platform streaming online seperti Netflix, Hulu dan sebagainya.


Selain untuk keperluan streaming, Android TV Box ternyata banyak juga digunakan sebagai home server software yang ditenagai oleh Plex, bermain game-game Android di TV, menggunakan ROM melalui emulator, dan keperluan streaming lainnya.

Dengan menggunakan Android TV Box, nantinya TV Anda bisa berfungsi selayaknya Smart TV built-in Android. Hanya saja, menggunakan Android TV Box berbiaya jauh lebih murah dibandingkan membeli Smart TV built-in Android.

Bagaimana Cara Kerja Android TV Box?
Nah, yang pasti, Anda harus menghubungkan TV Anda dengan Android TV Box, sama seperti menghubungkannya dengan DVD player.

Android TV Box hanya perlu dihubungkan ke TV Anda dan kemudian dihubungkan ke internet melalui Ethernet berkabel atau koneksi WiFi. Bila rumah Anda sudah memiliki WiFi maka proses pengaturan akan lebih cepat dan mudah.

Setelah Android TV Box dan internet terhubung, Anda bisa memasang berbagai aplikasi Android. Contohnya aplikasi Youtube yang nantinya bisa Anda gunakan untuk memutar video dari Youtube langsung di TV Anda.

Karena Android merupakan sebuah OS yang open-source dan gratis, pabrikan pembuat perangkat yang ditenagai OS ini bisa membuat perangkat dengan harga yang jauh lebih murah di pasaran.

Untuk itulah Android TV Box bisa didapatkan di harga kurang dari Rp1 juta dan bisa Anda dapatkan sekarang.

Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Android TV Box?
Berikut beberapa pertimbangannya:

1. Kesesuaian Aplikasi
Kesesuaian aplikasi adalah kunci utama dari perangkat Android ini. TV Anda harusnya bisa menjalankan berbagai aplikasi yang dipasang menggunakan Android TV Box tertentu dan dapat berjalan dengan lancar/minim crash.

Aplikasi streaming punya kompatibilitas yang berbeda-beda, begitu juga dengan game. Maka dari itu, carilah perangkat TV Box yang bisa menjalankan berbagai aplikasi atau game dengan baik dan lancar.

2. Pemasangan
Dari segi pemasangan dan pengaturan awal, Android TV Box juga punya tingkatan yang berbeda-beda.

Pertimbangkan seberapa besar upaya dan tenaga yang ingin Anda keluarkan untuk memasangnya ke TV Anda, begitu juga untuk mengurus pengaturan lainnya agar bisa berjalan semestinya.

Pengaturan lain seperti kualitas gambar pada saat streaming (HD, 4K hingga 8K), kualitas suara, kecepatan pergerakan frame pada grafis, dan sebagainya bisa diatur secara manual.

Nah, siapkah Anda mengaturnya sendiri? Ini jelas harus dipertimbangkan baik-baik karena masing-masing Android TV Box punya pengaturan bawaan yang berbeda-beda.

3. Prosesor
Prosesor merupakan elemen penting bagi sebuah perangkat, apapun jenisnya, begitu pula dengan TV Box.

Ada prosesor yang kuat tetapi boros energi dan sebaliknya, ada juga yang lebih hemat energi tapi performanya cenderung lemah.

Pelajari lebih lanjut mengenai prosesor ARM big.LITTLE, DynamIQ dan Tegra X1. Ketiganya punya spesifikasi yang berbeda-beda. Tegra X1 umum digunakan oleh Nvidia Shield TV dan Nintendo Switch.

Sementara, DynamIQ memungkinkan konfigurasi big.LITTLE menggunakan sebanyak delapan core CPU pada satu cluster komputasi.

Tapi, yang jelas adalah semakin kuat sebuah prosesor, semakin mampu ia untuk menjalankan video streaming dengan kualitas gambar yang lebih besar dan mampu menjalankan berbagai jenis game Android.

Apa Saja Rekomendasi Android TV Box Terbaik?
Nah, bila Anda sudah mulai memahami berbagai seluk-beluk mengenai Android TV Box, dan bila Anda sudah tertarik membelinya, berikut 3 rekomendasi Android TV Box terbaik dari saya:

1. X96 Mini Full Load Kodi
Android TV Box yang satu ini ditenagai oleh OS Android versi 7.1 Nougat dan sudah termasuk dengan Kodi.

Perangkat ini memiliki kapasitas RAM sebesar 2GB dan di dalamnya sudah terpasang berbagai aplikasi, khususnya streaming untuk menonton saluran TV internasional maupun lokal. Harganya berada di bawah Rp500.000.

2. Xiaomi Mi BOX 3 Smart 4K Ultra HD
Perangkat yang satu ini diusung oleh brand terkenal asal Tiongkok, Xiaomi, dengan OS versi 6.0 Marshmallow.

TV Box versi internasional ini sudah mendukung resolusi 4K dengan prosesor yang sangat kuat. Harganya berada di kisaran Rp1 juta ke bawah, jadi jangan ragu untuk membelinya.

3. TANIX TX3 MINI TV Box
Ukurannya yang lebih kecil dan ringan menjadi salah satu kelebihannya. Berkapasitas RAM 2GB, TANIX TX3 dibanderol seharga Rp479.000 dan ditenagai oleh Amlogic S905W quad-core CPU. Kompatibel untuk berbagai keperluan layaknya sebuah perangkat Android pada umumnya.




Posted in Tips Info Gadget and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *