TIPS MENGANALISA LAPTOP LAMPU POWER NYALA SEBENTAR



TIPS MENGANALISA LAPTOP LAMPU POWER NYALA SEBENTAR Ini adalah salah satu jenis kerusakan laptop pada motherboardnya dimana jika laptop dinyalakan dengan menekan tombol power maka lampu indikator power akan menyala tanpa ada tampilan apapun yang muncul di layar LCD dan selang beberapa detik laptoppun akan mati sendiri. Kondisi ini terjadi saat laptop menggunakan charger saja atau battery saja atau kedua-duanya.
Penyebab laptop nyala sebentar
Kenapa laptop bisa menyala lampu indikatornya namun hanya selang beberapa detik mati lagi? Yang jelas kerusakan laptop tersebut adalah pada motherboardnya dimana terdapat bagian tertentu pada motherboard yang tidak pada kondisi normal, bisa saja ada bagian komponen yang rusak short atau konslet ke bagian ground, atau ada ic yang solderan kaki-kakinya mulai melemah atau berkerak sehingga mengakibatkan koneksi antara ic tersebut dengan komponen lain terganggu maka arus (ampere)-pun akan naik dengan sendirinya, hal ini mengakibatkan system proteksi melakukan pemutusan arus karena melebihi standart yang sudah di tetapkan, laptoppun mati lagi. Penyebab lain adalah karena kerusakan beberapa komponen power yang tidak terhubung secara langsung ke ground, misalnya sebuah deoda yang putus atau ic power (sekunder) yang putus bagian sumber dan outputnya, namun biasanya kalau kerusakannya adalah putus laptop akan restart, tidak mati.
Kapasitor yang short ke ground juga bisa menyebabkan sebuah laptop langsung mati sebelum memulai proses booting, bahkan sebelum menampilkan apapun ke layar lcd
Cara memperbaiki laptop nyala sebentar dan blank
Cara memperbaikinya adalah sesuai dengan sumber penyebab kerusakannya, jika ada komponen yang rusak tentu saja harus di ganti dengan yang normal demikian juga jika komponen-nya putus.






Posted in TIPS CARA MEMPERBAIKI LAPTOP and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *