Firmware | Read Only Memory | ROM

Firmware / Read Only Memory / ROM Firmware adalah software yang berisi program atau data, yang tersimpan pada ROM (Read Only Memory) bawaan suatu perangkat. Firmware berguna untuk fungsi dasar dan juga fungsi lebih lainnya. Firmware dalam memory DVD, LCD, TV atau perangkat lainnya biasanya berfungsi untuk menyimpan suatu program yaitu sebagian program kecil dari ic micom dan juga setingan-setingan kontrol pada pesawat tersebut.

Pada umumnya kerusakan firmware diakibatkan karena data atau program yang ada dalam memory tersebut corupt atau cacat sehingga mengakibatkan tidak berfungsinya ic micom untuk mengontrol pesawat tersebut, baik sebagian besar fungsinya atau seluruhnya. Makanya apabila kerusakan terjadi pada firmware biasanya pesawat akan mengalami kerusakan fungsi terntentu atau bahkan mati total.

Untuk itu satu-satunya cara untuk mengatasi kerusakan yang diakibatkan karena firmware yang corupt adalah dengan mengembalikan file yang masih normal dan di copykan ke dalam ic memory, sehingga pesawat bisa hidup dan normal kembali.

Untuk dapat melakukan copy ulang file firmware, maka diperlukan sebuah file yang sama dengan aslinya, karena jika file firmware berbeda, biasanya akan mengakibatkan mati total atau cacat fungsi.

Untuk mendapatkan sebuah file firmware yang asli maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut beberapa cara untuk mendapatkan file firmware yang asli :

Copy dengan menggunakan alat copy memory file dari pesawat yang sama dan masih normal kemudian simpanlah di dalam komputer, sehingga suatu saat bisa digunakan kembali secara berulang-ulang.
Download di internet, karena sudah banyak yang upload dari berbagai sumber.

1.Download Firmwre Tosibha

2.Download Firmware Samsung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *